Breaking News:

Berita Flores Timur

Kader Posyandu Asal Solor Barat Flotim Raih Penghargaan Natural Leader STBM

Kader Posyandu Asal Solor Barat Flotim Meraih Penghargaan Natural Leader STBM

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/AMAR OLA KEDA
Rofina Kewa Ina Kolin, kader posyandu Desa Lewo Nama, Solor Barat yang dinobatkan sebagai natural leader (tokoh inspiratif) dalam upaya pencapaian STBM di desa 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Amar Ola Keda

POS-KUPANG.COM, LARANTUKA- Kabupaten Flores Timur (Flotim) meraih juara II penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM) Award 2021 kategori Demand.

Selain meraih juara II STBM Award, salah satu kader posyandu asal Desa Lewo Nama, Kecamatan Solor Barat, Rofina Kewa Ina Kolin, juga dinobatkan sebagai natural leader (tokoh inspiratif) dalam upaya pencapaian STBM di desa.

Penghargaan itu diserahkan tim penilai STBM kementerian kesehatan secara virtual, Jumat 15 Oktober 2021.

Rofina mengaku bangga menerima penghargaan itu. Menurut dia, penghargaan itu menjadi motivasi baru untuk berupaya meningkatkan kebersihan maupun kesehatan di lingkungannya.

Baca juga: Flores Timur Raih Juara II STBM Award 2021

"Ini merupakan suatu hal luar biasa dalam hidup. Saya tidak membayangkan bisa mendapat penghargaan dari pusat, apalagi ini dari kementrian kesehatan RI," katanya kepada wartawan, Jumat 15 Oktober 2021.

Ia mengaku banyak sekali tantangan yang dihadapi saat berupaya memberikan pemahaman ke masyarakat bagaimana menerapkan pola hidup sehat. Pendekatan demi pendekatan yang terus dilakukan, kata dia, akhirnya masyarakat dengan sendirinya memahami hingga dideklarasikan desa Lewo Nama sebagai desa STBM.

Ia berterimakasih kepada para kader posyandu di desanya yang telah berpartisipasi aktif hingga desanya meraih STBM.

"Awalnya kita sosialisasikan bagaimana pola hidup sehat. Sampai kami gotong royong pindahkan kandang hewan milik watga 100 meter dari perkampungan. Akhirnya masyarakat lain juga menyadari dan mengikuti arahan kami," tutupnya. (*)

Baca Berita Flores Timur Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved