Breaking News:

Berita Sabu Raijua

Debut Bupati & Wabup Sabu Raijua Pasca Pelantikan, Percepat  Pemulihan Ekonomi dari Dampak Pandemi

daya fisikal  untuk mendukung upaya penanganan kesehatan, penyediaan jaring pengamanan sosial dan upaya strategis pemulihan ekonomi.

Penulis: Gerardus Manyela | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/ISTIMEWA
Bupati Sabu Raijua, Drs.Nikodemus Rihi Heke,M.Si memberikan bantuan tunai kepada salah satu anak 

POS-KUPANG.COM-- BupatiI dan Wakil Bupati Sabu Raijua, Drs. Nikodemus Rihi Heke,M.Si dan Johanes Uly Kale langsung tancap gas mempercepat pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19 dan badai seroja pasca dilantik oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat di Kupang, Jumat, 17 September 2021.

Keduanya  memperhatikan betul dampak pandemi Covid-19 pada sektor kesehatan yang telah meluas ke sektor sosial, ekonomi dan keuangan, dengan mengambil langkah percepatan penanganan dengan refocusing dan realokasi anggaran sesuai petunjuk pemerintah pusat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sabu Raijua, Drs. Nikodemus Rihi Heke,M.Si dalam setiap kesempatan,  baik kunjungan kerja ke desa-desa maupun sidang bersama DPRD Sabu Raijua.

Pada Pembukaan Rapat Paripurna Pembahasan Perubahan APBD Tahun 2021 di ruang sidang DPRD Sabu Raijua Jumat, 8 Oktober 2021, Wabup Uly Kale yang mewakili Bupati Nikodemus  menyampaikan komitmen Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua pada penyusunan perubahan APBD tahun anggaran 2021 ini,  sangat dipengaruhi oleh kondisi pandemi Covid-19 yang  terjadi secara global.

Selain telah berdampak luar biasa bagi kesehatan, pandemi juga menyebabkan perlambatan ekonomi nasional maupun regional, sehingga dampaknya  mengakibatkan penerimaan daerah,  baik yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan sumber pendapatan lainnya mengalami koreksi.

Baca juga: PN Rote Ndao Gelar Coffee Morning

Pada sisi belanja diperlukan optimalisasi sumber daya fisikal  untuk mendukung upaya penanganan kesehatan, penyediaan jaring pengamanan sosial dan upaya strategis pemulihan ekonomi.

Kondisi tersebutlah yang mengakibatkan harus dilakukannya penyesuaian proyeksi pendapatan dan belanja daerah yang dilaksanakan melalui refocusing dan realokasi belanja menurut ketentuan- ketentuan yang berlaku.

Bupati terus mengajak semua pihak dan seluruh elemen masyarakat agar dapat terus bersatu membangun Sabu Raijua dengan visi Sabu Raijua tahun 2021-2026 yakni Sabu Raijua Maju, Bersatu dan Bermartabat, dengan misi yakni meningkatkan kualitas SDM dan pengentasan kemiskinan, menjamin ketercukupan pangan, air dan energi

Serta meningkatkan daya saing perekonomian daerah dengan sektor pariwisata sebagai penggerak utama, meningkatkan kualitas layanan publik yang profesional dan mewujudkan birokrasi yang bersih, efisien, efektif dan akuntabel, meningkatkan akses masyarakat melalui penyediaan infrastruktur yang handal, pemerataan wilayah serta menjamin pembangunan berkelanjutan.     

Bupati dan Wabup terus bergerak bertemu langsung masyarakat dan menyalurkan bantuan-bantuan pemerintah seperti bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) kepada 92 penerima manfaat di Desa Eiada, Kecamatan Sabu Timur pada 28 September 2021.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved