Breaking News:

PON Papua

NTT Merebut 5 Emas, 10 Perak dan 9 Perunggu

Kontingen Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT) mengakhiri pertarungannya di PON XX Papua 2021

Penulis: Sipri Seko | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/SIPRI SEKO
Atletik menyumbang medali terakhir bagi kontingen NTT di PON XX Papua 2021, Kamis (14/10/2021) 

POS-KUPANG.COM, JAYAPURA - Kontingen Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT) mengakhiri pertarungannya di PON XX Papua 2021, Kamis 14 Oktober 2021. Menduduki posisi 19 di klasemen perolehan medali, Provinsi Nusa Tenggara Timur membawa pulang lima medali emas, sepuluh perak dan sembilan perunggu.

Atletik menjadi penyumbang terakhir medali bagi Provinsi NTT. Setelah sejak hari pertama selalu gagal, pada perlombaan terakhir di Kabupaten Mimika, Kamis 14 Oktober 2021, atletik berhasil merebut dua medali perunggu.

Medali perunggu pertama direbut Matius Wuli di nomor lari 3.000 M Halang Rintang. Satu medali perunggu disumbangkan Afriana Paijo di nomor lari 3.000 M Halang Rintang

KONI NTT sebelumnya menargetkan minimal sepuluh medali emas akan dibawa pulang NTT. Target ini dibebankan ke tinju dan pencaksilat masing-masing dua medali emas dan kempo enam medali emas. Ketua Umum KONI NTT, Andre Koreh yang ditemui di Jayapura, Papua, mengatakan, target itu realistis berdasarkan hasil di pra PON maupun POBN XIX 2016.

Baca juga: Inilah Peraih Medali NTT di PON XX PAPUA 2021

“Kita boleh menargetkan, namun ternyata hasil di lapangan berbeda. Contohnya saja, di kempo ternyata jauh dari prediksi kita. Tinju juga, ternyata tidak bisa mendapatkan medali emas. Padahal anak-anak kita bertanding dengan sangat baik. Memang kita kesal dan kecewa, namun itulah sebuah pertandingan. Kalah dan menang harus siap terima,” kata Andre Koreh.

Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi secara terpisah memberikan apresiasi kepada seluruha atlet NTT yang sudah bertanding di PON XX Papua 2021. Yoseph mengatakan, perjuangan para atlet NTT sangat luar biasa dan tidak kalah kualitas dengan daerah lain.

“Sudah sepantasnya kita berikan apresiasi kepada para atlet NTT. Mereka luar biasa. Sebelumnya KONI sudah tetapkan target, namun itu tidak tercapai. Tapi apapun itu, mereka saya sebut sudah luar biasa. Mereka mampu menampilkan hasil yang terbaik. Saya memang lihat di tinju dan kempo misalnya, ada sedikit persoalan, namun memang harus kita terima,” tegas Nae Soi.

Nae Soi mengatakan, seluruh kontingen NTT baik atlet, pelatih, ofisial maupun pendamping lainnya, akan diterima secara resmi oleh Pemerintah Provinsi NTT. Dia mengatakan, penerimaan secara resmi akan dilaksanakan di Aula El Tari, Kantor Gubernur NTT.

“Kita akan terima secara resmi. Oleh karena jadwal kepulangan tiap cabang beda-beda, maka penerimaan akan kita satukan di Aula El Tari, untuk sementara masih kita koordinasikan waktunya,” kata Josef Nae Soi.

Sebelumnya, Josef Nae Soi memastikan pemerintah setempat menyediakan hadiah untuk para atlet dari NTT yang meraih medali pada ajang PON XX Papua 2021. "Hadiah pasti ada untuk para atlet yang berhasil mengharumkan nama NTT melalui perolehan medali di PON Papua," katanya.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved