Breaking News:

Berita Kota Kupang

PDAM Tirta Bening Lontar Berubah Nama Jadi Perumda Air Minum

perusahaan daerah air minum (PDAM) menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Kupang

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Rosalina Woso
Pos Kupang.com/Yen
Sekot Kupang, Fahren Funay 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM, KUPANG -- Perusahan Daerah Air Minum ( PDAM )Tirta Bening Lontar Kota Kupang akan berubah nama menjadi Perusahan Umum Daerah (Perumda). Pemkot Kupang telah mengakibatkan Ranperda perubahan badan  hukum.

Direktur Utama PDAM Tirta Bening Lontar Kota Kupang, Johanis S. Ottemoesoe, S.E, menyampaikan hal ini Rabu 13 Oktober 2021

Menurut John, pihaknya sudah membuat draft ranperda dan sedang dibahas bersama DPRD Kota Kupang.

"Jadi PDAM ini akan berubah badan hukum sehingga namanya berubah menjadi Perumda Air Minum Kota Kupang. Ranperdanya sudah ada dan sementara dibahas pada sidang perubahan APBD," kata John.

Dijelaskan, dengan adanya perubahan badan hukum itu,maka kelembagaan dari perusahan itu perlu ditata secara baik guna peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga: Data Terbaru, 80,09 Persen Warga di Kota Kupang Telah Terima Vaksin Dosis I

"Selain Ranperda perubahan badan hukum, kita juga ajukan Ranperda penyertaan modal. Diharapkan dalam sidang perubahan APBD ini sudah bisa ditetapkan," katanya.

Sekda Kota Kupang, Fahrensy Funay,S.E,M.Si mengatakan,  Pemkot telah mengajukan tiga Ranperda untuk dibahas bersama DPRD.

Tiga ranperda itu masing-masing, Ranperda pertama penyertaan modal daerah pada bank NTT, kedua Ranperda, yakni penyesuaian bentuk hukum perusahaan daerah air minum (PDAM) menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Kupang dan Ranperda penyertaan modal ke PDAM Tirta Bening Lontar.

Dikatakan, untuk perubahan badan hukum PDAM itu, sesuai Pasal 129 (1) Peraturan Pemerintah No 54 tahun 2017, tentang BUMD, maka BUMN milik pemerintah daerah terdiri atas perusahaan milik daerah, Perumda dan Persero, sehingga perlu dilakukan penyesuaian bentuk hukum PDAM Kota Kupang menjadi Perumda Air Minum Kota Kupang.(*)

Berita Kota Kupang Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved