Breaking News:

Laut China Selatan

Kapal Selam AS Mungkin Membuat 'Kesalahan Bodoh' di Laut China Selatan pada Tabrakan Baru-baru Ini

Tanpa detail apa pun yang dirilis, masalah tersebut telah memicu keingintahuan banyak netizen Tiongkok yang menebak-nebak apa "objek tidak dikenal".

Editor: Agustinus Sape
VCG
Kepulauan Xisha di Laut Cina Selatan. Kapal Selam nuklir Amerika Serikat menabrak sesuatu yang tidak dikenal di Laut China Selatan. 

Kapal Selam AS Mungkin Telah Membuat 'Kesalahan Bodoh' di Laut China Selatan pada Tabrakan Baru-baru Ini

POS-KUPANG.COM - Pejabat AS baru-baru ini mengungkapkan bahwa kapal selam serangan nuklir kelas Seawolf USS Connecticut (SSN-22) menabrak "objek yang tidak dikenal" saat tenggelam pada 2 Oktober di perairan internasional di Laut China Selatan.

Tanpa detail apa pun yang dirilis saat ini, masalah tersebut telah memicu keingintahuan banyak netizen Tiongkok yang menebak-nebak apa "objek tidak dikenal" itu.

Penjelasan terbaru yang mungkin di platform media sosial China adalah bahwa objek itu mungkin milik China South China Sea Aquaculture and Fisheries Company (Perusahaan Budidaya dan Perikanan Laut China Selatan China), mengutip laporan yang diduga oleh Agence France-Presse (AFP) yang mengatakan bahwa kandang penangkaran croaker kuning perusahaan baru-baru ini terkena serangan sebuah "objek tidak dikenal" dan total 25.000 kilogram produk akuakultur, bernilai sekitar 400 juta yuan ($62 juta), hilang.

Ini kemungkinan rumor karena Global Times tidak dapat memverifikasi apa yang disebut laporan AFP, atau platform media internasional utama lainnya.

Tidak ada perusahaan dengan nama China South China Sea Aquaculture and Fisheries Company di database perusahaan China Tianyancha, Global Times menemukan.

Baca juga: Kapal Selam Nuklir Amerika Kecelakaan di Laut China Selatan,Beijing Tuntut Penjelasan AS Soal Nuklir

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian pada hari Senin mendesak AS untuk mengambil sikap yang bertanggung jawab, memberikan penjelasan rinci tentang apa yang terjadi sesegera mungkin dan membuat penjelasan yang memuaskan kepada masyarakat internasional dan negara-negara regional.

"Di mana tepatnya kecelakaan itu terjadi? Apakah kecelakaan itu menyebabkan kebocoran nuklir dan mencemari lingkungan laut? Apakah kecelakaan ini akan berdampak pada keselamatan navigasi dan perikanan di daerah tempat terjadinya?" tanya Zhao.

Para ahli yang dimintai pendapatnya oleh Global Times percaya bahwa "objek tidak dikenal" yang bertabrakan dengan USS Connecticut lebih mungkin merupakan terumbu ikan buatan daripada kandang pengembangbiakan.

"Kebisuan AS tentang masalah ini mungkin karena mereka membuat kesalahan bodoh dan terlalu malu untuk membicarakannya," kata para ahli.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved