Breaking News:

Pentingnya Vaksinasi Covid-19 Bagi Penyintas Covid-19 dan Waktu yang Tepat Untuk Vaksin

Vaksinasi bagi penyintas COVID-19 bisa dilakukan 1 bulan dan 3 bulan pasca dinyatakan sembuh dan hasil pemeriksaan swab negatif COVID-19.

Penulis: Hermina Pello | Editor: Hermina Pello
IG Kementerian Kesehatan RI
Ilustrasi ajakan untuk vaksinasi covid-19 - Pentingnya Vaksinasi Covid-19 Bagi Penyintas Covid-19 dan Waktu yang Tepat Untuk Vaksin 

POS-KUPANG.COM - Jumlah kasus Corona di NTT hingga saat ini Senin 12 Oktober 2021, tercatat  63223 kasus dengan jumlah yang sembut  61446 kasus dan yang meninggal: 1314 kasus.

Nah, bagaimana dengan orang yang telah sembuh, apakah mereka bisa divaksin covid-19? Kalau bisa kapan waktu yang tepat untuk vaksinasi?

Instagram Kementerian kesehatan RI menyebutkan vaksinasi  Covid-19 bagi penyintas penting dilakukan.

Vaksinasi bagi penyintas COVID-19 bisa dilakukan 1 bulan dan 3 bulan pasca dinyatakan sembuh dan hasil pemeriksaan swab negatif COVID-19.

Baca juga: Siap KBM Tatap Muka Terbatas, SMPK Andaluri Waingapu Gelar Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama

Perbedaan waktu pemberian ini, tergantung pada tingkat keparahan penyakit.

Bagi pasien dengan derajat keparahan penyakit ringan-sedang makan vaksinasi boleh diberikan dalam rentang waktu 1 bulan pasca sembuh.

Sementara pasien dengan derajat keparahan penyakit berat-kritis makan vaksinasi boleh diberikan setelah 3 bulan dinyatakan sembuh

Ketentuan baru ini merupakan hasil kajian dan rekomendasi terbaru dari ITAGI, yang mana hasil kajian ini tentunya telah menyesuaikan dengan perkembangan vaksin COVID-19 terutama pada aspek efikasi dan keamanan vaksin Covid-19

Baca juga: Baru 61 Ribu Warga Sumba Timur Terima Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama 

Dikutip dari Covid19.go.id disebutkan, World Health Organization (WHO) menganjurkan agar penyintas COVID-19 tetap melakukan vaksinasi.

Hal ini penting dilakukan karena vaksin berfungsi sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved