Breaking News:

Pembicaraan Damai Gagal, Perang Bisa Berkecamuk di Perbatasan, China Beri Peringatkan Keras

Saat ini, kedua negara sudah sama-sama menggelar pasukan dalam jumlah besar di wilayah Hilalayah Timur yang disengketakan dua negara itu

Penulis: Alfred Dama | Editor: Alfred Dama
via Kontan.co.id
Tentara India dan Cina bersama-sama merayakan Tahun Baru 2019 dengan upacara bendera di kawasan perbatasan Bum La, Arunachal Pradesh, India. 

POS KUPANG.COM -- Permbicaraan damai tingkat komandan korps soal sengketa perbatasan India dan China akhirnya gagal

China menudu India berlebihan menuntut soal perbatasan hingga tidak ada kesepakaatan

Saat ini, kedua negara sudah sama-sama menggelar pasukan dalam jumlah besar di wilayah Hilalayah Timur yang disengketakan dua negara itu

Dikutip dari media pemerintah China, Global Times , pernyataan kasar yang dikeluarkan oleh pemerintah China tentang China dan India yang gagal mencapai kesepakatan selama putaran terakhir pembicaraan tingkat komandan korps.

Mereka menunjukkan perubahan sikap China yang halus terhadap India, dan tekad kuat negara itu untuk melindungi integritas teritorial dan kedaulatannya, kata analis.

Baca juga: Jet Tempur Baru Dipamerikan China, Bikin India dan Bahkan Amerika ketar Ketir , Ini Hebanya J-16D

Pengamat juga mencatat bahwa India telah memicu insiden baru di sepanjang bagian timur perbatasan baru-baru ini.

Pakar China telah memperingatkan risiko konflik baru, dengan mengatakan bahwa China seharusnya tidak hanya menolak untuk menyerah pada tuntutan arogan India di meja perundingan, tetapi juga bersiap untuk bertahan melawan agresi militer India yang baru.

China dan India mengadakan pembicaraan tingkat komandan korps putaran ke-13 di sisi China dari titik pertemuan perbatasan Moldo-Chushul pada hari Minggu 10 Oktober 2021

Di mana India membuat tuntutan yang tidak masuk akal dan tidak realistis, menambah kesulitan dalam negosiasi, Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA). Komando Teater Barat mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Senin.

Baca juga: Amerika Jual Kapal Selam Nuklir ke Australia Padahal Dulu Tolak Permintaan India dengan Alasan Ini 

Mempertimbangkan situasi keseluruhan dalam hubungan China-India dan hubungan antara militer kedua negara, China telah melakukan upaya luar biasa untuk meredakan ketegangan perbatasan dan sepenuhnya menunjukkan ketulusannya, kata Kolonel Senior Long Shaohua dalam pernyataannya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved