Breaking News:

Berita Ende

Umar Hamdan Komit Sukseskan GIM Program Kemendikbud di Ende

Umar Hamdan, Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT)

Penulis: Laus Markus Goti | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI
Umar Hamdan Ketua FTBM Kabupaten Ende, Senin 11 Oktober 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oris Goti

POS-KUPANG.COM, ENDE - Umar Hamdan, Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) bertekad menyukseskan program Gerakan Indonesia Membaca (GIM).

Dia menerangkan, GIM merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada sektor pendidikan informal yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende.

GIM sebagai upaya pengembangan budaya literasi masyarakat yangmeliputi literasi baca tulis, literasi berhitung, literasi sains, literasi teknologi informasi dan komunikasi, literasi keuangan serta literasi kewarganegaraan dan budaya.

Sasaran program GIM adalah anak usia dini, anak usia sekolah sampai dengan orang dewasa dan orang tua, lembaga swasta, organisasi sosial, kemasyarakatan, kepemudaan, keagamaan, profesi dan forum-forum yang menjadi mitra dinas pendidikan.

Baca juga: 84 Pasien di Kota Kupang Saat ini Sedang Lakukan Perawatan

Dalam menyukseskan program ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggandeng organisasi sosial, kemasyarakatan dan sebagainya. FTBM dipercaya untuk mendampingi program ini.

"Nanti tanggal 16 Oktober 2021 akan kita lauching program ini, kebetulan saya dipilih menjadi Ketua panitia dan hari ini kita laksanakan rapat pemantapan lauching di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende," kata Umar saat diwawancarai POS-KUPANG.COM di sela rapat pemantapan, Senin 10 Oktober 2021.

Dia menguraikan lauching GIM akan dilaksanakan di Taman Renungan Bung Karno. "Nanti Bappeda, Dinas Perspustakaan, Infokom, Dinas Pariwisata, akademisi dan sebagainya akan ikut hadir," tambahnya.

Umar mengatakan, dalam lima tahun ke depan ini, mereka akan bekerja meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Ende.

"Kita akan perbanyak Taman Bacaan Masyarakat, Kampung Literasi dan Pos Bacaan. Program pemerintah Kabupaten Ende, satu desa satu taman bacaan Masyarakat dan satu kecamatan punya satu kampung literasi," kata Umar.

Dia menyebut, saat ini sudah terbentuk 2 kampung literasi, 24 Taman Bacaan Masyarakat dan 9 Pos Bacaan.

GIM dilaksanakan dengan bentuk kegiatan, antara lain, publikasi, penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) pengembangan budaya baca, apresiasi dan aksi literasi, sarasehan pegiat/tokoh literasi dan donasi buku untuk TBM. (*)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved