Breaking News:

Berita Manggarai Timur

Peduli ODGJ, Bupati Agas Andreas Peroleh Penghargaan Tokoh Peduli Kesehatan Jiwa Dari Kemenkes RI

komunitas peduli ODGJ seperti KKI, Media Massa yang sudah secara konsisten membahas dan mengkawal isu ini

Penulis: Robert Ropo | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH.,M.Hum sedang menerima penghargaan. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG--Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH.,M.Hum, memperoleh penghargaan sebagai Tokoh Peduli Kesehatan Jiwa dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI karena peduli dan komitmenya dalam penanganan kesehatan jiwa atau penanganan terhadap orang dengan ganggunan jiwa (ODGJ).

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan diterima langsung Bupati Agas pada peringatan Hari Kesehatan Jiwa se-Dunia yang berlangsung di Rumah Sakit Jiwa di Solo, Propinsi Jawa Tengah, Minggu 10 Oktober 2021.

Adapun Tema Hari kesehatan Jiwa, Tahun 2021, merujuk pada World Federation of Mental Health atau 'Kesetaraan Dalam Kesehatan Jiwa Untuk Semua' yang menekankan bahwa adanya ketidaksetaraan mendapatkan akses layanan kesehatan jiwa akibat perbedaan ras dan etnik.

Hal tersebut juga disebabkan oleh kurangnya penghormatan hak asasi manusia (HAM), termasuk perlakuan yang tidak setara terhadap orang-orang yang memiliki gangguan jiwa.

Baca juga: Manggarai Timur Belum Miliki Mobil Pemadaman Kebakaran

Dalam rilis yang diberikan Kabag Prokopim Setda Manggarai Timur, Jefrin Haryanto, kepada POS-KUPANG.COM, Senin 11 Oktober 2021, Bupati Agas, mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan untuk apresiasi ini.

Pengarhagaan ini untuk kerja keras semua pihak, baik Pemerintah Manggarai Timur, maupun komunitas-komunitas peduli ODGJ di Manggarai Timur seperti KKI dan Media yang masif memberitakan terkait ini. 

"Terima kasih kepada Kementerian Kesehatan untuk penghargaan  dan apresiasi ini. Ini bukan sekedar sebuah kertas, tapi paling penting hal baik yang kita lakukan dihargai. Penghargaan ini untuk semua yang telah peduli dengan ODGJ, mulai tenaga kesehatan, komunitas peduli ODGJ seperti KKI, Media Massa yang sudah secara konsisten membahas dan mengkawal isu ini,"ungkap Bupati Agas.

Dalam kesempatan tersebut dua Kabupaten sulung yakni Manggarai dan Manggarai Barat juga mendapatkan penghargaan yang sama.

Panitia juga menjelaskan bahwa ada 3 Bupati yang mendapat penghargaan itu semuanya dari NTT, yaitu Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur. (*)

Berita Manggarai Timur Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved