Breaking News:

Berita Nasional

Enam Provinsi di Indonesia Timur Siap Menjalin Hubungan Dagang dengan Negara Pasifik

Sebanyak enam provinsi di Indonesia Timur menyatakan siap mendukung Pacific Exposition kedua yang digelar secara virtual

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Wakil Gubernur NTT, Josep Nae Soi saat mengikuti Webinar Indonesia Timur Sukseskan Pacific Exposition 2021 secara virtual, Senin 11 Oktober 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM, ATAMBUA - Sebanyak enam provinsi di Indonesia Timur menyatakan siap mendukung Pacific Exposition kedua yang digelar secara virtual 27-30 Okotber 2021.

Keenam provinsi dimaksud yaitu, Provinsi NTT, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Maluku dan Sulawesi Utara.

Pernyataan kesiapan itu disampaikan para gubernur, wakil gubernur dan pejabat yang mewakili gubernur dalam acara Indonesia Sukseskan Pacific Exposition 2021 yang dilaksanakan secara zoom meeting, Senin 11 Oktober 2021.

Kegiatan ini diselenggarakan Duta Besar Indonesia di Selandia Baru bekerja sama dengan Tribun Network.

Acara dipandu News Director Tribun Network, Febby Mahendra dan MC Stella Kemala. Hadir saat itu, Dubes RI di Selandia Baru, Tantowi Yahya, Dubes RI di Tiongkok dan peserta zoom meeting lebih kurang 50 orang. Diantaranya Gubernur Maluku, Murad Ismail, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey
Wakil Gubernur NTT, Josep Nae Soi. Dari Provinsi Maluku Utara diwakili Kabiro Humas, sedangkan Gubernur Papua dan Papua Barat tidak bisa hadir karena di waktu yang sama sementara menjalani tugas negara.

Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi mengatakan, NTT siap mendukung Pacific Exposition kedua. NTT sudah dua kali mengikuti kegiatan ini sejak pertama kali diselenggarakan tahun 2019. Dari kegiatan tersebut, kata Nae Soi NTT mendapatkan dampaknya baik langsung maupun tidak langsung.

Keikutsertaan NTT dalam Pacific Exposition ini akan mengangkat berbagai potensi unggulan yang ada di NTT baik untuk perdagangan maupun pariwisata.

Pada kesempatan itu, Wagub Nae Soi mengatakan, NTT siap menjadi tuan rumah Pacific Expo ke depannya.

Gubernur Maluku, Murad Ismail dan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey menyatakan siap mendukung dan menjalin hubungan dagang dengan negara pacific.

Dua provinsi ini mengangkat potensi unggulan yang akan diikutsertakan dalam momen Expo ini adalah pertanian, pertambangan, perikanan dan hortikultura.

Dubes RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya menyampaikan apresiasi kepada peserta khususnya enam gubenur, wakil gubernur atau pejabat yang mewakili atas diskusi dan tekad bersama menjalin hubungan dagang dan pariwisata dengan negara negara pasifik.

Dalam laporannya, Tantowi mengatakan, The Second Pacific Exposition 2021 ini laksanakan secara virtual mulai 27-30 Oktober 2021. Perhelatan ini berlangsung selama 24 jam yang diikuti 16 negara termasuk Indonesia yang diwakili enam provinsi.

Pacific Exposition akan diikuti 256 exhibitor sebagai representasi dari negara-negara Asia Pasifik.

Tantowi menambahkan, Indonesia menargetkan pendapatan transaksi dalam expo kali ini Rp 2 triliun atau dua kali lipat dari pendapatan expo pertama sebesar satu triliun. (*)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved