Breaking News:

PON Papua

Atletik dan Renang Gagal Merebut Medali

Pelari marathon andalan NTT, Mery Paijo belum memenuhi harapan publik Flobamora untuk mendulang medali

Penulis: Sipri Seko | Editor: Kanis Jehola
Foto PB PON/Rommy Pujianto
Pelari marathon andalan NTT, Mery Paijo 

POS-KUPANG.COM, JAYAPURA - Pelari marathon andalan NTT, Mery Paijo belum memenuhi harapan publik Flobamora untuk mendulang medali. Dalam lomba lari mempuh jarak sejauh 42,195Km yang digelar di Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Sabtu (9/10/2021), Mery finish di urutan keenam.

Official Atletik NTT, Frans Sales dari Timika mengatakan, dari enam atlet putri yang turun di nomor ini, finish pertama adalah pelari DKI Jakarta, Odekta Elvina Naibaho yang mencapai finis dengan catatan waktu 2 jam 48 menit dan 46 detik. Odekta unggul 10 menit dari rekan satu provinsinya Triyaningsih yang menyabet medali perak (urutan kedua) dengan catatan waktu 2 jam 58 menit dan 56 detik.

Medali perunggu direbut atlet Kalimantan Timur (Kaltim), Irma Handayani setelah finish ketiga dengan torehan waktu 3 jam dan 51 detik. Irma sendiri sempat memperoleh bantuan oksigen dari tim medis usai pertandingan karena kelelahan.

Dengan tambahan raihan medali emas di nomor marathon, Odekta resmi mencetak hattrick di arena Atletik dengan mendulang tiga medali emas. Sebelumnya, Odekta telah mengemas dua emas, masing-masing di nomor lari 5.000 meter putri dan 10.000 meter putri.

Baca juga: Jeni ke Final, Ronal dan Zaki Terhenti, Cabang Pencaksilat PON XX Papua 2021

Selain memperoleh emas ketiga, perempuan 30 tahun itu juga sukses mempertajam catatan waktu pribadinya. Waktu terbaik Odekta sebelumnya adalah 2 jam 55 menit yang dia torehkan pada PON XIX Jawa Barat 2016. Selanjutnya urutan keempat ditempati pelari Jawa Barat (Jabar), peringkat 5 pelari Jambi, dan urutan 6 atau terakhir ditempati Mery Paijo asal NTT.

"Terima kasih untuk doa dan dukungan luar biasa yang diberikan kepada Tim Atletik NTT, khusus atlet marathon putri kita, Mery Paijo. Mohon maaf belum mampu mempersembahkan medali di nomor bergengsi Marathon. Namun kita selalu mensyukuri anugerah Tuhan luar biasa yang diberikan kepada kita, lebih khusus atlet kita Mery Paijo yang sudah berjuang maksimal. Kita semua harus mampu menerima hasil yang ada dan selalu bersyukur kepada Tuhan. Salam olahraga. Salam sehat," kata Frans Sales.

Dari cabang renang, Rizky Bire tak bisa berbuat banyak dalam lomba di arena Aquatic Lukas Enembe Stadium. Turun di nomor lomba gaya bebas 50 meter putra, belum berhasil menyumbangkan medali untuk NTT.

"Mohon maaf untuk masyarakat NTT, Rizky belum bisa memberikan yang terbaik untuk NTT di nomor ini. Mohon doanya untuk penampilan Rizky di nomor berikutnya," kata pelatih renang NTT, Henoch Bire.

Baca juga: Kempo Langsung Sumbang Satu Perak dan Satu Perunggu PON XX Papua 2021

Rizky masih punya dua kesempatan untuk berlomba di nomor 50 meter gaya kupu-kupu putra, dan 100 meter gaya bebas putra. (eko)

Baca Berita PON Papua Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved