Breaking News:

Berita Kota Kupang

Keren, Kelompok Petani Milenial Jaga Kestabilan Pangan dengan Panen Perdana

memanfaatkan lahan sekecil apapun untuk bisa seproduktif mungkin. Tak hanya bertani semata, kalian harus jadi Agropreneur

Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/ISTIMEWA
Panen hasil tomat hasil olahan para penyuluh di BPP Pandawai 

Keren, Kelompok Petani Milenial Jaga Kestabilan Pangan dengan Panen Perdana

POS-KUPANG.COM, KUPANG -- Di tengah hantaman pandemi Covid-19, sektor pertanian mampu bertahan memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Bahkan, pertanian menjadi pengungkit ekonomi melalui ekspor beberapa komoditi.

Yang lebih keren lagi, Kementerian Pertanian (Kementan) juga tidak berhenti mencetak SDM petani milenial yang terus produktif sehingga mampu menjaga kestabilan pangan.

Bahkan, kelompok petani milenial di Kupang mampu menjaga kestabilan pangan dengan panen perdana.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan, menjaga ketahanan pangan adalah keharusan.

"Dalam pandemi, pertanian dituntut untuk terus berproduksi. Dituntut bisa memenuhi kebutuhan pangan seluruh masyarakat. Oleh karena itu, pertanian tidak boleh berhenti," katanya.

Baca juga: Jalan Kejora Kota Kupang Masih Memprihatinkan

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan bahwa peningkatan produktivitas pertanian dilakukan melalui peningkatan kualitas, kapasitas, dan pengetahuan SDM pertanian, baik penyuluh maupun petani.

Dijelaskan oleh Dedi Nursyamsi, penyuluh dan petani adalah orang yang sangat mulia karena menjadi pendamping dan menyediakan pangan bagi penduduk Indonesia.

"Selain itu, petani milenial juga berperan penting dalam menjaga kestabilan pangan nasional. Petani milenial wajib melek teknologi saling berkolaborasi dengan penyuluh dan insan tani lain, saling menguntungkan," katanya.

Menurutnya, para petani milenial harus bisa menggunakan teknologi dan kreatif contohnya dalam memasarkan produknya karena branding adalah penting di zaman sekarang.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved