Breaking News:

Berita Kota Kupang

KSM Kelinci di Bakunase Bantu Warga Siapkan Sarana MCK Gratis

KSM Kelinci di Kelurahan Bakunase Kecamatan Kota Raja Bantu Warga Siapkan Sarana MCK Gratis

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
MCK Gratis yang disiapkan oleh KSM Kelinci, di RT 10/RW 4 , Kelurahan Bakunase, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang. Nampak, Ketua KSM Kelinci, Iskandar Liku berada di depan pintu salah satu toliet. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM, KUPANG -- Kehadiran Kelompok Swadaya Masyarakat ( KSM) Kelinci sangat membantu masyarakat yakni dengan menyiapkan sarana prasarana untuk mandi, cuci dan kakus ( MCK) secara gratis.

KSM Kelinci ini terletak di RT 10/RW 4, Kelurahan Bakunase, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang.

Pantauan POS-KUPANG.COM, Jumat 8 September 2021, KSM Kelinci ini memiliki empat kamar toilet. Masing-masing toilet terdapat tampungan air. Kondisi toilet memang sudah lama tapi kebersihannya dijaga.

Pintu toilet ini tidak dikunci, sehingga siapa saja bisa memanfaatkannya. MCK ini dibangun untuk membantu warga sekitar dan juga pasien atau keluarga pasien yang datang berobat di Puskesmas Bakunase. Jarak MCK ini dengan Puskesmas Bakunase sekitar kurang lebih 150 meter.

Fasilitas MCK yang disediakan oleh KSM Kelinci ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Ketua KSM Kelinci, Iskandar Liku mengatakan, sarana MCK yang ada itu merupakan program pemerintah pusat dan dikelola oleh KSM Kelinci di Kelurahan Bakunase.

"MCK ini sudah dibangun sejak tahun dan sampai sekarang masih berfungsi baik. Adanya MCK ini sangat membantu masyarakat,apalagi letaknya dekat Puskesmas Bakunase," kata Iskandar.

Dijelaskan, penggunaan MCK oleh masyarakat itu gratis dan tidak memungut biaya.

"MCK ini buka terus dan kita layani masyarakat umum juga. Jadi selain pasien atau keluarga pasien dari Puskesmas, masyarakat sekitar juga kita layani, bahkan siapa saja yang kebetulan lewat dan mau pakai silakan," katanya.

Dikatakan, sarana MCK itu gratis, karena itu untuk saat ini hanya melayani mandi dan buang air saja sedangkan mencuci tidak.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved