Breaking News:

Berita Belu

Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Belu Mulai Menurun

Data positif rate Covid-19 atau perbandingan jumlah orang yang dilakukan test dengan jumlah orang terkonfirmasi positif Covid-19 menurun

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Belu melakukan rapat koordinasi tentang perkembangan kasus COVID-19 dan penanganannya, di Sekretariat Satgas, Rabu 6 Oktober 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM, ATAMBUA - Data positif rate Covid-19 atau perbandingan jumlah orang yang dilakukan test dengan jumlah orang terkonfirmasi positif Covid-19 menurun signifikan di Kabupaten Belu.

Meski angkanya masih fluktuatif, namun sepanjang September 2021 hingga awal Oktober menunjukkan data positif rate berkisar 1-3 persen. Berbeda dengan sebelumnya, positif rate lebih dari lima persen setiap hari.

Keadaan kemarin, Kamis 7 Oktober 2021, jumlah orang yang dilakukan test rapid antigen sebanyak 101 orang, yang terkonfirmasi positif satu orang. Bahkan keadaan Selasa pekan ini, positif rate nol. Dari 93 orang yang dilakukan test, semuanya negatif.

Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Belu terus berupaya menekan kasus terkonfirmasi dengan berbagai strategi. Terutama sosialisasi dan penegakkan disiplin penerapan protokol kesehatan yaitu, menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Baca juga: Data Harian Kasus Positif COVID-19 di Belu Cenderung Menurun

Selain itu, mempercepat proses vaksinasi bagi masyarakat sesuai kategori yang ditentukan.

Dalam evaluasi Satgas COVID-19 dua hari lalu, Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, Sp. PD mengatakan, secara umum kasus terkonfirmasi mulai menurun namun di tiga kecamatan dalam Kota Atambua masih tinggi. Ketiga kecamatan dimaksud yaitu Kecamatan Kota Atambua, Atambua selatan dan Atambua Barat.

Melihat data kasus secara spesifik itu, Bupati Belu yang juga Ketua Umum Satgas Covid meminta masyarakat untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan.

Kepada tim Satgas diharapkan tetap semangat bekerja sesuai tugas dan fungsi dalam rangka menekan penularan Covid-19.

Baca juga: 30 Pasien Terpapar Covid-19 di Belu Meninggal Dunia

Bagi aparat yang bertugas menegakan disiplin protokol kesehatan diharapkan untuk menegakan aturan secara baik dan tetap mengedepankan pendekatan persuasif dan edukasi. Hindari tindak-tindakan yang menimbulkan gesekan atau benturan antara petugas dan masyarakat. (*)

Baca Berita Belu Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved