Breaking News:

Berita Belu

Bapenda Kabupaten Belu Sosialisasi Perbup Penerapan Sistem Online Pajak

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Belu mensosialisasikan Peraturan Bupati nomor 16 tahun 2021 tentang penerapan sistem online pajak

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Peserta sosialisasi Peraturan Bupati nomor 16 tahun 2021 tentang penerapan sistem online pajak hotel dan restoran di Aula Bapenda Kabupaten Belu, Kamis 7 Oktober 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM, ATAMBUA - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Belu mensosialisasikan Peraturan Bupati nomor 16 tahun 2021 tentang penerapan sistem online pajak bagi pengusaha hotel dan restoran.

Perbup sebagai payung hukum penerapan sistem online pajak wajib disosialisasikan kepada pelaku usaha agar mereka mengetahui nilai, norma dan perannya dalam membangun daerah.

Penerapan sistem online pajak ini menggunakan aplikasi Mobile Point Of Sale (MPOS). Aplikasi yang berfungsi mencatat pajak restoran dan hotel ini merupakan inovasi baru Bapenda Belu dalam mengelola pajak.

Materi sosialisasi disampaikan Kepala Bidang Pembukuan dan Pelaporan, Simplisius Vinsen Dalung, ST.

Baca juga: Kepala Bapenda Belu, Marsi Loe Mau Apresiasi Kepada Wajib Pajak

Kegiatan yang dibuka Wakil Bupati Drs. Aloysius Haleserens, MM itu berlangsung di Aula Bapenda Kabupaten Belu, Kamis 7 Oktober 2021.

Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM mengharapkan penerapan sistem online pajak ini dapat mewujudkan efisiensi dan efektivitas pelayanan kepada masyarakat.

Penggunaan alat untuk transaksi ini juga dapat menunjang aktivitas yang bersifat fisik maupun administrasi yang mudah dan cepat karena sistem yang dibangun telah terintegrasi antara pengelola usaha, perbankan dan pemerintah.

"Tentu kalau kita lakukan itu dengan baik akan terjadi efisiensi yang menjadi nilai tambah bagi kita semua", kata Wabup Alo Haleserens.

Menurut Wabup, tapping box yang ditempatkan di hotel dan restoran menjadi salah satu instrumen atau alat untuk mengukur/menghitung seberapa banyak pelanggan atau customer yang datang ke rumah makan atau menginap di hotel.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved