Breaking News:

Berita Nagekeo

Hingga Saat Ini, Realisasi APBD Nagekeo Baru Mencapai 50 Persen

menjadi persoalan yang sering dihadapi selama ini terkait dengan penumpukan realisasi anggaran pada akhir tahun.

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Kepala BKAD Nagekeo, Lowa Marselinus. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM, BAJAWA--Hingga 5 Oktober 2021, realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Nagekeo tahun anggaran 2021 baru mencapai 50an persen.

Rinciannya, jumlah pendapatan Kabupaten Nagekeo untuk tahun 2021 senilai Rp. 748.856.209.565 dan realisasinya mencapai Rp. 427.851.210.777,05.

Sedangkan total belanja untuk tahun anggaran 2021 sebesar Rp. 830.810.378.565 dan realisasi belanjanya baru mencapai Rp. 419.483.349.256,81.

Ha itu disampaikan Kepala oleh Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Nagekeo, Lowa Marselinus kepada Pos Kupang saat ditemui di ruang kerjannya, Selasa 6 Oktober 2021.

Lowa mengungkapkan, realisasi belanja sebesar itu sudah termasuk dengan pekerjaan fisik maupun juga pekerjaan non fisik.

Baca juga: Para Penenun di Nagekeo Dapat Workshop Pelatihan Pewarnaan Benang

"Baik pekerjaan non fisik dan fisik semua sudah terinklud semua di dalam belanja," ujarnya.

Lowa mengatakan, meskipun realisasinya baru mencapai sekitar 50 persen pihaknya tetap optimistis bahwa sampai dengan akhir tahun 2021, semua pembelanjaan bisa direalisasikan. 

"Memang pelaksanaan belanja ada di OPD yang lain. Tapi kita di bagian keuangan ini terus mendorong OPD untuk mengeksekusi anggaran. Dan kita juga terus melakukan evaluasi terkait realisasi anggaran mereka," ungkapnya.

Lowa mengatakan, memang menjadi persoalan yang sering dihadapi selama ini terkait dengan penumpukan realisasi anggaran pada akhir tahun.

Untuk itu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pimpinan seperti Bupati, Wakil Bupati, dan Sekewa supaya batas akhir penandatangan kontrak untuk pekerjaan fisik berakhir pada bulan November.

Baca juga: Wakil Bupati Marianus Waja Resmikan Dua Taman Kanak-kanak Negeri Nagekeo

"Sehingga pada bulan November mereka bisa menyelesaikan semua administrasi dan bulan Desember itu hanya persoalan untuk eksekusi dana saja," ungkapnya. (*)

Berita Nagekeo Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved