Breaking News:

Berita Nagekeo

Para Penenun di Nagekeo Dapat Workshop Pelatihan Pewarnaan Benang

Dan ini pemerintah pusat masuk dengan bagaimana memberikan pelatihan tentang pewarna alami

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Para peserta saat mengikuti kegiatan pelatihan pewarnaan benang di Aula Hotel Pelita, Senin 4 Oktober 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM, MBAY--Penenun di Kabupaten Nagekeo mendapatkan workshop pelatihan pewarnaan benang dari Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan Masyarakat Adat (Dit KMA) Ditjen Kebudayaan, Kemendikbudristek.

Kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari tersebut mulai dari tanggal 4-8 Oktober 2021 di Aula Hotel Pelita.

Dalam laporan panitia yang disampaikan oleh Christriyati Ariani, M.Hum mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah memberikan wawasan dan pengetahuan kepada penenun tentang teknik pewarnaan benang untuk tenun ikat

Selain itu  meningkatkan kapasitas dan kepercayaan diri  bagi perempuan petenun untuk tetap melestarikan teknologi yang mereka miliki,

Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk dapat membangun semangat dan bermotivasi untuk terus berkarya dan berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman.

Baca juga: Kunker dan Monev di Nagekeo, Ketua DPW PKB NTT : DPC Nagekeo Dukung Cak Imin Jadi Capres

"Peserta dalam kegiatan ini sebanyak 40 orang generasi muda, perempuan petenun. Narasumber adalah para ahli dari Tim Warlami," ungkapnya.

Kegiatan workshop tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Nagekeo, Marianus Waja.

Dalam sambutannya, Wabup Marianus mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini, Kemendikbudristek yang telah memilih Kabupaten Nagekeo sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan pelatihan pewarnaan benang dengan bahan alami bagi penenun Nagekeo.

"Dalam perjalanan pulang dari Ndora menuju Hotel Pepita, dalam benak, sambil saya merefleksikan begitu luar biasa pemerintah pusat masuk sampai bagaimana  memberikan pelatihan pewarnaan tenun. Pemerintah Pusat luar biasa sampai sedatail ini yang mungkin bagi kami di wilayah ini merasa biasa biasa saja," ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved