Breaking News:

PON Papua

NTT Langsung Turunkan Empat Petinju PON XX Papua 2021

Kontingen tinju NTT akan langsung menurunkan empat petinju dalam pertandingan hari pertama cabang tinju PON XX Papua 2021

Penulis: Sipri Seko | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/SIPRI SEKO
Inilah empat petinju NTT, Albert Taralandu, Sandu Calvin, Anjelina Niis dan Yudith Maunino yang akan bertanding hari ini. 

POS-KUPANG.COM, JAYAPURA - Kontingen tinju NTT akan langsung menurunkan empat petinju dalam pertandingan hari pertama cabang tinju PON XX Papua 2021. Dalam pertandingan yang akan digelar di GOR Cendrawasih, Jayapura, Selasa (5/10), NTT akan langsung menurunkan empat petinju.

Demikian hasil drwaing yang dilaksanakan di SPN Papua, Senin (4/10). Keempat petinju yang akan bertanding yakni Angelina Niis, Sandu Calvin, Yudith Maunino dan Alberth Taralandu. Demikian dikatakan Manager Tinju NTT, Elisabeth Haning.

Elisabeth mengatakan, Angelina Niis yang bertanding di kelas 45 kg putri akan melawan Ajeng Gitni dari Jawa Barat. Sandu Calvin di kelas 48 kg akan melawan Endang dari NTB, Yudith Maunino melawan Cindi Cinora dari Riau dan Alberth Taralandu melawan Michael Abas dari Sumatera Utara.

Dari hasil drwaing, selain Yudith yang melalui rangkaian pertandingan panjang, petinju lainnya langsung mendapatkan undian di perempatfinal. Sekali menang, para petinju ini sudah memastikan akan lolos ke babak semifinal.

Baca juga: DKI Jakarta Masih Ungguli Tuan Rumah Klasemen Sementara Medali PON XX Papua 2021

"Yudith harus dua kali bertanding dulu baru lolos ke babak semifinal. Ini memang perjuangan yang berat, namun pada dasarnya dia sangat siap. Sementara yang lainnya sekali menang langsung ke semifinal. Kita harapkan semua berjalan dengan lancar," kata Elisabeth.

Sesuai hasil drawing, bila memenangkan pertarungan, Albert Taralandu akan bertemu petinju Fernando Ayer dari Papua Barat di babak perempatfinal. Sementara Sandu akan melawan pemenang  antara Ririn Saraha (Jabar) dan Sindy Marsela (Bengkulu).

Pelatih kepala NTT, Hermensen Ballo mengatakan, dari 10 petinju NTT baik putra maupun putri yang lolos ke Papua sudah siap bertanding. Dia mengatakan, semua atlet dalam kondisi sehat dan berat badan tidak ada persoalan.

Hermensen mengatakan, pagi hari sebelum penimbangan berat akan dilakukan swab antigen. Setelah dinyatakan negatif, barulah atlet tersebut mengikuti penimbangan untuk selanjutnya pada sore hari mengikuti pertandingan.

Baca juga: Panitia Pelaksana Sepak Takraw PON XX Papua Mogok Bertugas: Atlet Terlantar, Jadwal Berantakan

“Untuk menjaga protokol kesehatan, sebelum bertanding nanti, empat petinju kita akan menjalani pemeriksaan swab antigen di SPN Polda Papua,” kata Hermensen.

Bidang Wasit/Hakim, (AIBA 1-Star Referee/Judge) PB Pertina, Alfred Kayoi sebelumnya mengatakan, menjelaskan cabang tinju PON XX Papua 2021 diikuti 29 provinsi.  Enam provinsi tak meloloskan atletnya pada pra PON XX.  Sedangkan tuan rumah Provinsi Papua otomatis lolos ke PON XX/2021, dan mengikuti semua kelas.

Untuk diketahui, jumlah atlet yang bertanding di cabang tinju sebanyak  153 petinju. Rinciannya, masing-masing putri 63 petinju dan putra 90 petinju.

Wasit hakim yang bertugas 34 orang.  Jumlah medali yang diperebutkan sebanyak 17 medali emas, 17 perak dan 34 medali perunggu. (eko)

Berita PON Papua Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved