PON XX Papua

Freeport Siapkan Bonus Khusus untuk Atlet Papua Peraih Medali di PON XX

Kabar gembira bagi para atlet Papua yang ikut berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, yang berhasil meraih medali dan mengharumkan nama Bum

Editor: Ferry Ndoen
Tribun-Papua.com/Ridwan Abubakar
Suasana Venue Mimika Sport Centre dari atas udara 

POS KUPANG.COM -  Kabar gembira bagi para atlet Papua yang ikut berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, yang berhasil meraih medali dan mengharumkan nama Bumi Cenderawasih akan mendapat bonus dari PT Freeport Indonesia.

"Kami dari PT Freeport Indonesia akan memberikan bonus bagi atlet Papua yang meraih medali," kata Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas, di Mimika Sport Center, Minggu (3/10/2021) sore.

Lantas berapa besaran bonus yang sedang disiapkan PT Freeport tersebut, Tony Wenas masih enggan memberikan bocoran. Menurutnya, itu semua sebagai bentuk kepedulian, dukungan sekaligus memberi semangat kepada para atlet yang telah berjuang dan bekerja keras mempersembahkan yang terbaik untuk Tanah Papua.

"Kalau soal itu (besaran bonus), nanti sajalah. Nanti akan kami infokan lagi, yang jelas ada bonusnya," ujarnya sambil tersenyum.

Baca juga: Kemeriahan hingga Kejutan Pembukaan PON XX Papua, Presiden Jokowi Diminta Turun Panggung

Menurutnya pemberian bonus tersebut sebagai bentuk apresiasi PTFI bagi perjuangan para atlet Papua yang mengharumkan nama sebagai tuan rumah.

"Luar biasa pembukaan PON, satu kata Dahsyat, acara semalam itu sudah sekelas Internasional," bebernya.

Ia pun menambahkan PT Freeport Indonesia elah berkontribusi besar dan turut menyukseskan pelaksanaan hajatan pesta olahraga bergengsi tingkat nasional ini. Apalagi, Provinsi Papua sebagai tuan rumah.

Hal itu sebagai bentuk sekaligus menunjukkan keseriusan dan komitmen PT Freeport Indonesia menjadi bagian dalam pembangunan Tanah Papua disegala sektor sejak 59 tahun lalu.

"Pembangunan stadion MSC sebagai arena pertandingan PON di Mimika yang memakan anggaran kurang lebih Rp 500 miliar ini bukti nyata dan keseriusan PT Freeport Indonesia untuk masyarakat Papua," tegasnya.

Sekadar diketahui, PT Freeport Indonesia telah membangun Mimika Sport Center (MSC) yang menjadi venue PON XX Papua, untuk cabang olahraga Atletik dan Bola Basket. Bangunan megah tersebut akan diresmikan pada Selasa (5/10/2021).

Usai PON XX Papua, bangunan itu akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Mimika untuk dikelola. Diharapkan fasilitas olahraga tersebut dapat melahirkan atlet muda Papua yang berprestasi di dunia olahraga.

Rencananya, Gedung itu akan diresmikan Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dan dilanjutkan dengan pembukaan pertandingan Cabang Olahraga (Cabor) Atletik PON XX Papua, yang dimulai 5 Oktober 2021. 

Selain itu, Gubernur Papua Lukas Enembe dan Bupati Mimika Eltinus Omaleng pun akan hadir dalam acara yang sangat bersejarah itu. Hal itu merupakan dukungan serius PT Freeport untuk Papua sebagai bentuk dan upaya untuk menyukseskan PON XX di Papua.

Diketahui Mimika Sport Center dibangun sejak 2013 dan rampung pada 2016 silam. MSC berstandar internasional dibangun PT Freeport Indonesia dengan menghabiskan biaya sekitar 33 juta dolar AS atau sekitar Rp 468 miliar di atas lahan seluas 12,5 hektare milik Pemkab Mimika. (*)

Berita PON XX Papua Lainnya:

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul Kabar Gembira, Freeport Siapkan Bonus untuk Atlet Papua yang Meraih Medali di PON XX

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved