Breaking News:

Berita Kota Kupang

9 Bulan, 29 Warga Kota Kupang Meninggal di Jalan Raya

Di Kota Kupang sebagai ibukota Provinsi NTT memiliki karakteristik tersendiri termasuk arus lalu lintas yang cukup padat

Penulis: Ray Rebon | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/RAY REBON
Kasat Lantas Polres Kupang Kota, AKP Andri Aryansyah, SIK 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ray Rebon

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Di Kota Kupang sebagai ibukota Provinsi NTT memiliki karakteristik tersendiri termasuk arus lalu lintas yang cukup padat.

Selama tahun 2021 ini atau periode Januari hingga September terdapat 200 kejadian kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Kupang Kota.

Data dari Satuan Lalu lintas Polres Kupang Kota menunjukkan dalam sembilan bulan tersebut terdapat 29 orang meninggal dunia di jalan raya karena kecelakaan, 45 orang mengalami luka berat dan 258 orang lainnya mengalami luka ringan dengan kerugian material mencapai ratusan juta rupiah.

Kasat Lantas Polres Kupang Kota, AKP Andri Aryansyah, SIK saat dikonfirmasi di kantornya Senin (4/10/2021) mengakui kalau pelanggaran lalu lintas yang dilakukan warga kota Kupang kebanyakan karena pengendara dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm.

Baca juga: Ekowisata Mangrove di Oesapa Barat, Butuh Dukungan APBD  Kota Kupang

"Selama 9 bulan ini ada 189 pelanggaran karena tidak memakai helm standar dan 90 pelanggaran karena penumpang tidak mengenakan helm serta 320 pelanggaran karena tidak memiliki SIM," tandasnya.

Di tahun 2020, jumlah kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polda NTT berdasarkan aplikasi Integrated Road Safety Management System (IRSMS) yang dikelola Direktorat Lalu Lintas Polda NTT sebanyak 1.125 kejadian.

Tercatat ada 393 orang warga meninggal dunia, 412 orang luka berat 1.327 orang mengalami luka ringan.
Dibandingkan pada tahun 2019, sebanyak 1.428 kejadian.

Terjadi penurunan jumlah kecelakaan lalu lintas sebesar 303 kejadian atau turun 21 persen.

Jumlah pelanggaran lalu lintas pada tahun 2020 sejumlah 23.047 pelanggaran dibandingkan tahun 2019 sejumlah 37.302 pelanggaran atau terjadi penurunan sejumlah 14.255 pelanggaran atau menurun 61 persen.

Baca juga: Penjual Ikan di Oesapa Kota Kupang Meninggal Dalam Posisi Duduk di Teras Rumah Warga

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved