Breaking News:

Berita Manggarai Barat

Kegiatan Samsat Keliling di Lembor - Manggarai Barat Permudah Para Wajib Pajak

sebanyak 4 instansi terlibat dalam Samsat Keliling di depan Pasar Lembor, Kelurahan Tangge, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Kamis 30 September 2

Penulis: Gecio Viana | Editor: Ferry Ndoen
pk/gecio viana
Suasana pelayanan Samsat Keliling di depan Pasar Lembor, Kelurahan Tangge, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Kamis 30 September 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO - Sebanyak 4 instansi terlibat dalam Samsat Keliling di depan Pasar Lembor, Kelurahan Tangge, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Kamis 30 September 2021.

Keempat instansi tersebut yakni UPTD Pendapatan Daerah Wilayah Manggarai Barat, Satlantas Polres Mabar, Jasa Raharja Wilayah Mabar dan Bank NTT. 

Kegiatan yang dilakukan penerapan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak, menarik animo pemilik kendaraan bermotor untuk melakukan pembayaran pajak kendaraannya, karena adanya tax manesty atau penghapusan denda pajak kendaraan yang menjadi program dari Pemerintah Provinsi NTT. 

Samsat Keliling kali ini berbeda dari kegiatan sebelumnya karena pelaksanaan dilakukan dengan melibatkan semua elemen Samsat dan pencetakan dokumen Pajak kendaraan (notis pajak) secara online dan terintegrasi

Baca juga: Siswa SMA Regina Pacis Bajawa Perkenalkan Budaya Ngada Dalam Kegiatan Compassion Week

Kepala UPTD Pendapatan Daerah Wil. Manggarai Barat, Abdul Gani Tokan mengatakan, pelayanan wajib pajak (WP) model Samsat Keliling ini sudah berlangsung dari dulu. 

Namun demikian, pada kegiatan kali ini lebih maju karena pelayanan WP dilanjutkan dengan print dokumen berupa Notice Pajak/SKPD di tempat tersebut. 

"Ini merupakan terobosan, langkah dan inovasi baru yg dilakukan oleh UPTD Pendapatan Daerah Wilayah Manggarai Barat. Dari 22 UPTD Pendapatan Daerah pada Badan Pendapatan dan Aset Daerah Provinsi NTT, baru UPTD Penda Wilayah Kabupaten Mabar yang melakukan terobosan, langkah dan inovasi kegiatan pelayanan WP seperti ini," katanya. 

Pihaknya berharap, kegiatan ini membawa dampak positif dalan pelayanan publik dan peningkatan pendapatan asli daerah khususnya Pajak Kendaraan Bermotor di Provinsi NTT. 

Sementara itu, Penanggung Jawab Jasa Raharja Wilayah Mabar, Theodorus Seran mengatakan, sistem Samsat Keliling ini selain mekanisme pembayaran Pajak dilakukan secara online, pengutipan Iuran Wajib Kendaraan Bermotor Umum (IWKBU) Jasa Raharja juga dilakukan secara online dan terintegrasi melalui aplikasi JRKu, salah satu aplikasi yang memudahkan pemilik kendaraan melakukan pengecekan masa berlaku Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalulintas Jalan (SWDKLLJ) dan Iuran Wajib Kendaraan Bermotor Umum (IWKBU) dari Jasa Raharja.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved