Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik 1 Oktober 2021: Pesta St. Theresia dari Kanak-kanak Yesus: Menjadi Kecil

Dalam teks injil hari ini, dikisahkan kepada kita perihal perdebatan para murid tentang siapa yang terbesar di antara mereka.

Editor: Agustinus Sape
Dok Pribadi
RD Hironimus Nitsae 

Renungan Harian Katolik Jumat 1 Oktober 2021: Pesta Sta. Theresia dari Kanak-kanak Yesus: Menjadi Kecil (Injil Matius 18:1-5)

Oleh: RD. Hironimus Nitsae

POS-KUPANG.COM - Dalam teks injil hari ini, dikisahkan kepada kita perihal perdebatan para murid tentang siapa yang terbesar di antara mereka.

Problem perdebatan mereka ini dapat dipahami dalam beberapa hal.

Pertama, kekuatan ego sebagai sisi lain dari manusia mulai ditampilkan oleh para murid dengan mengabaikan kemahakuasaan Tuhan,

Kedua, para murid menampilkan fakta seolah mereka tidak melakukan kesalahan dengan menunjuk diri sendiri sebagai pribadi yang sudah seolah berada dalam surga.

Kehadiran Yesus dalam jawaban yang diberikan kepada murid adalah juga merupakan sebuah kritikan bagi para murid untuk membangun kerendahan hati. Mengapa?

Kehadiran anak kecil adalah bukti bahwa yang paling utama yakni menjadi pribadi yang lebih rendah hati di hadapan Tuhan.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Rabu 29 September 2021: Partisipasi

Keterbukaan diri pada Tuhan menjadikan kita lebih memahami bahwa Tuhan yang agung rela turun ke dunia (peristiwa kenosis) dengan segala kerendahan hati untuk menerima semua kita kembali ke dalam hati-Nya yang mulia.

Karena itu sosok seorang anak kecil yanv dihadirkan sejatinya menjadi awasan bagi kita untuk lebih terbuka menerima Tuhan dalam hidup kita sekaligus agar dari-Nya kita belajar memahami siapa yang terbesar di antara kita dan kepada siapa kita menaruh harapan yang kokoh dengan tetap berjuang melepas ego kita untuk sebuah cinta yang agung Tuhan senantiasa letakkan dalam hati kita masing-masing.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved