Breaking News:

PON XX Papua

Info Sport PON Papua XX 2021, Medali Cabang Ekshibisi tidak Dihitung Termasuk Selancar dan Esport

Ketua Umum KONI NTT, Andre Koreh mengklarifikasi polemic terkait Raihan medali Raju Seran di cabang selancar PON XX Papua 2021. Meski meraih satu med

Penulis: Sipri Seko | Editor: Ferry Ndoen
Tribun-Papua.com/Hendrik Rikarsyo Rewapatara
Suasana Pembukaan Eksebisi Esport di Doyo baru, Kabupaten Jayapura 

POS KUPANG.COM -  Ketua Umum KONI NTT, Andre Koreh mengklarifikasi polemic terkait Raihan medali Raju Seran di cabang selancar PON XX Papua 2021. Meski meraih satu medali perak dan satu perunggu, namun Raihan medali itu tidak dihitung dalam klaseme perolehan medali kontingen.

Andre mengatakan, semua cabang olahraga yang dipertandingkan di PON sudah disepakati antara KONI Pusat dan PB PON. Dengan demikian, bila cabang olahraga itu tidak ditetapkan namun ingin dipertandingkan, maka hanya sebagai cabang eskhibisi.

‘Cabor yang dipertandingkan di PON adalah cabor yang disepakati antara PB PON dan KONI Pusat. Sehingga tidak semua cabor bisa ikut PON,’ kata Andre.

‘Yang kedua, KONi NTT tdk pernah mengatakan bahwa hanya cabor yang berpotensi meraih medali yang dibiayai oleh Pemda atau pun melalui KONI. Semua cabor yang lolos PON wajib di biayai Pemda. Apakah berpeluang meriah medali ataupun tidak meraih medali. Karena ke PON itu bukan sekadar meraih medali tapi sebagai  wujud dari kebersamaan seluruh masyarakat olahraga. Untuk menggalang persatuan dan kesatuan bangsa,’ tambahnya.

Andre mengatakan, soal cabor ekshibisi, adlaah cabor yang perolehan medalinya tidak dihitung sebagai perolehan medali di PON. Tapi cabor itu dipertandingan sebagai persiapan untuk bisa ikut PON berikutanya di Aceh / Sumut. pada tahun 2024.

Baca juga: KOntingen NTT Unjuk Gigi di PON XX Papua, Cricket Lolos Ke Semifinal Nomor Super Eight

‘PON kali ini ada 11 cabor eksebisi. Dimana NTT ikut dua cabor yang saya tahu yaitu e sport dan selancar,’ ujarnya.

Dia menjelaskan, PON 19 lalu. cabor Gate ball juga ikut eksebisi di Bandung. Atlet-atlet NTT meraih medali emas juga. Dan Pergatsi NTT ikut dengan biaya sendiri.

‘Mestinya cabor gate ball layak dipertandingkan di PON Papua. Karena sudah ekshibisi pada PON sbelumya. Hanya sayang PB PON XX menolak cabor Gate ball masik karena alasan lapangan dan lainnya. Sehingga walau sudah ekshibisii pada PON 19. tidakk dipertandingkan di PON XX,’ jelasnya..

‘Sehingga jika ada cabor yg mau ikut ekshibisi PON dipersilahkan dengan biaya cabor sendiri. Itu sudah jadi kesepakatan bersama. Sementara Pemda wajib menyiapkan biaya untuk cabor yang dipertandingkan di PON .  Sementara jika dana tersedia bisa saja cabor ekshibisi ikut di PON dengan biaya dari cabor sendiri. Baik karena swadana maupun karena ada bantuan pembinaan Pemda,’ tambahnya.

Utk diketahui awalnya PB.PON XX Papua pernah menolak cabor ekshibisi dipertandingkan. ‘PB PON bilang, silahkan ekshibisi di PON tapi diluar Papua. Tapi mungkin karena adanya komunikasi dan pendekatan oleh KONI Pusat sehingga Papua terima pertandingan cabor ekshibisi. – eko -

Berita PON XX  Papu Lainnya :

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved