PON Papua

BREAKING NEWS - Cricket Rebut Medali Perak, Medali Pertama NTT di PON Papua

Sejarah dibuat anak-anak NTT di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Medali perak berhasil direbut dari cabang cricket

Penulis: Sipri Seko | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/SIPRI SEKO
Atlet NTT bersama pengurus dan pelatih pose bersama seusai pengalungan medali di Arena cricket Kabupaten Jayapura Provinsi Papua, Rabu 29 September 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Sipri Seko

POS-KUPANG.COM, JAYAPURA - Sejarah dibuat anak-anak NTT di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Medali perak berhasil direbut dari cabang cricket di nomor seperti eight putra.

Babak final perebutan medali emas yang digelar di lapangan 2, Arena Cricket, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Rabu 29 September 2021 mempertemukan NTT melawan DKI Jakarta. DKI tampil lebih dulu sebagai pemukul.

Kualitas pemain-pemain DKI jakarta patut diacungi jempol. Di bawah terik matahari yang menyengat, tim DKI Jakarta berhasil menguasai jalannya permainan. Aksi brilian yang dilakukan para pemukul membuat mereka seperti dengan mudah meraup poin.

Tekanan para pelempar NTT nampak tak berarti. Mereka berhasil melakukan pukulan dengan poin tinggi berturut-turut beberapa kali. Hasilnya mereka mengakhiri inning pertama dengan skor 122.

Baca juga: Cricket NTT Lolos ke Semifinal

Ini adalah skore tertinggi yang terjadi di ajang PON XX Papua ini. Artinya, untuk menang, NTT minimal harus bisa mengumpulkan 123 poin. Usaha itu tak membuahkan hasil. Mungkin karena kelelahan, NTT akhirnya hanya bisa meraih 89 poin.

Dengan hasil ini, DKI Jakarta berhasil merebut medali emas. Medali perak untuk NTT sedangkan Sumatera Barat dan Bali sama-sama mendapatkan medali perunggu.

Pelatih NTT, Desy Pello tak dapat menyembunyikan kegembiraannya. Dia larut dalam euforia kemenangan bersama para pemain. Kebahagiaan ini sangat berarti bagi dirinya. Seorang wanita mampu melatih atlet putra menjadi juara nasional.

"Kami tidak pernah kalah di nomor ini. Namun kali ini anak-anak hanya bisa meraih medali perak. Harus diakui bahwa DKI jakarta lebih baik dari kita. Puji Tuhan kita bisa mempersembahkan medali bagi NTT, " Kata Desy Pello.

Ketua Pengprov PCI NTT, Ince Sayuna mengucapkan Terima kasih kepada pelatih, ofisial dan para atlet yang sudah mempersembahkan medali bagi NTT. Dia mengatakan, pihak nya bukan cabang olahraga yang ditargetkan meraih medali.

Baca juga: Wagub NTT Puji Tim Cricket Main Luar Biasa

"Ini luar biasa. Kita bukan cabang yang ditargetkan meraih medali. Hari ini kami memberi bukti bahwa cricket bisa berprestasi di PON. Terima kasih buat semua pihak yang sudah mendukung ," kata Ince Sayuna.

Wagub NTT yang juga adalah Chef de Mission NTT, Josef Nae Soi memuji para atlet. Dia mengatakan, tidak gampang bisa meraih medali di ajang sebesar PON. Untuk itu, Nae Soi memberikan apresiasi yang besar atas raihan medali ini.

"Mereka bermain luar biasa. Hasil ini sudah sesuai kerja keras mereka. Saya bangga dengan perjuangan para atlet cricket, " Kata Nae Soi yang menonton pertandingan cricket sejak babak penyisihan.

Sementara itu, Ketua Umum KONI NTT, Andre Koreh mengatakan, cricket telah membuat sejarah bagi NTT. Menurut nya, baru kali ini ada cabang olahraga yang mampu merebutnya medali emas sebelum PON dibuka.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved