Berita Sumba Timur

Danrem 161 Wirasakti Tinjau Pelaksanaan TMMD ke-112 di Rambangaru Kabupaten Sumba Timur 

Komandan Korem (Danrem) 161/ Worasaksti Brigjen TNI Legowo W. R. Jatmiko, S.IP., M.M melakukan kunjungan kerja ke Desa Rambangaru, Kecamatan Haharu Ka

Penulis: Ryan Nong | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Danrem 161/ Wirasakti Brigjen TNI Legowo W. R. Jatmiko, S.IP., M.M meninjau pembangunan dalam Program TMMD ke-112 di Desa Rambangaru, Kecamatan Haharu Kabupaten Sumba Timur, Senin 20 September 2021. 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Ryan Nong 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Komandan Korem (Danrem) 161/ Worasaksti Brigjen TNI Legowo W. R. Jatmiko, S.IP., M.M melakukan kunjungan kerja ke Desa Rambangaru, Kecamatan Haharu Kabupaten Sumba Timur, Senin 20 September 2021.

Kunjungan kerja tersebut diselenggarakan untuk meninjau pelaksanaan Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) le-112 di Kodim 1601 Sumba Timur. 

Saat kunjungan, Brigjen TNI Legowo bersama Ketua Persit KCK Ny. Christiana Sari bersama Kasi Ter Korem 161/WS, Kolonel Inf. Zeniman Zega didampingi Dandim 1601 Sumba Timur Letkol Czi. Dwi Joko Siswanto, SE, M.I. Pol. dan Ketua Persit Kodim 1601 Sumba Timur Ny. Yenita Maulida Asriani. 

Rombongan Danrem tiba di lokasi TMMD di Desa Rambangaru sekira pukul 08.55 Wita.  Setelah tiba, Danrem Brigjen Legowo meninjau Pembangunan kantor Desa Rambangaru dan pelaksanaan Renovasi GKS Rambangaru. Usai peninjauan lokasi TMMD, Danrem melanjutkan kunjungan kerja ke wilayah Kodim Sumba Tengah. 

Komandan Kodim 1601 Sumba Timur, Letkol Czi. Dr. Dwi Joko S., S.E,M.I.Pol menyebut program TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral untuk meningkatkan akselerasi pembangunan khususnya di wilayah pedesaan. 

Pelaksanaan kegiatan TMMD yang berlangsung sebulan mulai 15 September hingga 14 Oktober 2021 itu menyasar lima kegiatan utama di Desa Rambangaru. Kegiatan tersebut terdiri dari pembangunan Kantor Desa Rambangaru, rehabilitasi bangunan Gereja, pembuatan saluran Irigasi dan sertunisasi jalan desa. 

Pelaksanaan TMMD akan melibatkan 150 anggota satgas TMMD dan masyarakat Desa Rambangaru.

Selain sasaran kegiatan itu, dalam program TMMD dengan tema pengabdian terbaik untuk negeri itu, satgas juga akan membuka lahan pertanian untuk penanaman jagung seluas 10 hektar sebagai bagian dari sasaran tambahan Satgas. 

Pelaksanaan TMMD dibuka secara resmi oleh Bupati Sumba Timur Khristofel A. Praing dalam upacara apel pembukaan program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 112 tahun 2021 yang digelar di Lapangan SMA Negeri 2 Haharu pada Rabu 15 September 2021. 

Bupati Khristofel Praing menyebut bahwa kegiatan TMMD di Desa Rambangaru Kecamatan Haharu menjadi bukti dan personifikasi bahwa negara hadir melalui alat negara terutama TNI AD. 

"Kita mengakui negara hadir. Personifikasi negara adalah pemerintah, baik itu birokrasi sipil maupun militer atau kepolisian. Dan karena itu, TMMD menjadi salah satu aktivitas yang menjadi wujud nyata negara hadir," ujar Bupati Khristofel. 

Kegiatan TMMD ke-112 Kodim Sumba Timur, kata Bupati Khristofel, juga memberi pesan bahwa dengan kolaborasi dan sinergi maka segala tantangan dapat dihadapi dan dilalui bersama. Hal tersebut telah dibuktikan pemerintah bersama masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19. 

Pemerintah Sumba Timur menyampaikan ucapan terimakasih kasih kepada pihak TNI Angkatan Darat yang menyelenggarakan TMMD dengan dampak nyata yang telah dirasakan masyarakat. Karena itu, Bupati Khristofel juga mengajak masyarakat Desa Rambangaru untuk terlihat aktif bersama TNI dalam segala pekerjaan dan pembangunan di wilayah melalui program TMMD itu. 

"Saya sangat berterima kasih. Kegiatan membangun desa melalui TMMD telah berlangsung setiap tahun dan sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Jadi harapan harapan saya, masyarakat agar berpartisipasilah," kata Bupati Khristofel. 

Pemilihan lokasi TMMD di Desa Rambangaru Kecamatan Haharu, dijelaskan Bupati bukanlah pemilihan tanpa pertimbangan logis rasional. Karena itu diharapkan ada perubahan fisik maupun sosial di lokasi tersebut. 

"TNI dekat, TNI hadir dan TNI melayani rakyat," ujar Bupati Khristofel. (hh) 

Berita SumbaTimur Lainnya :

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved