Breaking News:

Berita Malaka

Pembentukan Majelis Adat di Malaka untuk Lestarikan Budaya dan Tradisi Lokal

Program yang dicanangkan Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H,MH dan Wakil Bupati, Kim Taolin terkait pembentukan majelis adat bukan sekadar gagah-gaga

Penulis: Edy Hayong | Editor: Ferry Ndoen
foto : Istimewa.
Bupati Malaka, Simon Nahak bersama pimpinan dan anggota DPRD Malaka saat Stuba di Bali belum lama ini. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM I  BETUN---Program yang dicanangkan Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H,MH dan Wakil Bupati, Kim Taolin terkait pembentukan majelis adat bukan sekadar gagah-gagahan.

Pembentukannya lebih pada upaya melestarikan budaya dan tradisi lokal yang sudah ada sejak nenek moyang.

Untuk merealisasikannya maka dilakukan studi banding di Bali antara pemerintah dan DPRD Malaka karena di Bali sudah menjalani itu.

 Wakil Ketua DPRD Malaka, Hendrikus Fahik menyampaikan hal ini kepada Wartawan di Betun, Ibu kota Kabupaten Malaka, Senin (20/9/2021).

Dikatakan Politisi PKB ini bahwa wilayah Kabupaten Malaka sejak dulu sangat memegang teguh budaya dan adat istiadat. Seiring dengan perkembangan zaman, nilai-nilai budaya lokal mulai perlahan terkikis dan ini tidak bisa dibiarkan.

 Untuk itu, jelas Hendrik, dalam kepemimpinan Bupati dan Wabup Malaka sekarang mengemasnya dalam program unggulan selama masa tugas keduanya.

Dalam program unggulan yang bertajuk "SAKTI" itu salah satunya soal mengangkat dan melestarikan budaya dan tradisi lokal.

Dikatakannya, terobosan yang dilakukan kedua pemimpin ini dalam hal pembentukan majelis adat tentu ada pro dan kontra. Hal ini dipandangnya sebagai sesuatu yang biasa di alam demokrasi sekarang ini.

"Jadi saya mau tekankan bahwa rencana pembentukan majelis adat dari tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa ini sebagai upaya pemerintah dalam mempertahankan dan melestarikan budaya dan tradisi lokal agar diteruskan oleh generasi Malaka selanjutnya," tegas Hendrik.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved