Breaking News:

Berita Sumba Timur

Sebaran Kasus Positif Covid-19 di Sumba Timur, Dua Kecamatan di Kota Waingapu Masih Zona Merah

Sebaran Kasus Positif Covid-19 di Sumba Timur, Dua Kecamatan di Kota Waingapu Masih Zona Merah

Penulis: Ryan Nong | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Salah satu sudut Kota Waingapu Ibukota Kabupaten Sumba Timur, Senin 20 September 2021. 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Dua Kecamatan yang berada di Kota Waingapu, ibukota Kabupaten Sumba Timur hingga saat ini masih berstatus zona merah. Meski pertambahan jumlah kasus positif mengalami perlambatan, namun sebaran kasus positif masih menyebabkan dua wilayah itu berstatus zona merah.

Tren kasus cenderung melandai. Tercatat penambahan jumlah kasus harian dalam sepekan tidak mencapai angka dua digit dalam sehari.

Pemerintah Pusat pun telah menetapkan Sumba Timur sebagai daerah yang berstatus PPKM Level 2 sejak Senin 6 September 2021. Penetapan itu tertinggi dalam Instruksi Mendagri nomor 41 tahun 2021. Sebelumnya, sejak 26 Juli 2021, Kabupaten Sumba Timur merupakan satu wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang menerapkan PPKM Level 4.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sumba Timur, Tinus Ndjurumbaha, SKM, M.Ap., menyebut masih terdapat 2 kecamatan di wilayah itu yang berstatus zona merah. Dua kecamatan tersebut terdiri dari Kecamatan Kota Waingapu dan Kecamatan Kambera.

Baca juga: 252 Pasien Positif Covid-19 di Sumba Timur Isolasi Mandiri

Sementara itu, dua kecamatan lainnya juga berstatus zona orange yakni Kecamatan Tabundung dan Kecamatan Mahu. Sedang, 11 kecamatan lainnya ditetapkan dengan status zona kuning dan 7 kecamatan berstatus zona hijau.

Kecamatan yang statusnya zona kuning terdiri dari Kecamatan Lewa, Paberibai, Kahali, Kanantang, Pandawai, Rindi, Pinu Pahar, Karera, Lewa Tidahu, Kambata dan Nggoa. Sementara Zona hijau terdiri dari Haharu, Wula Waejelu, Matawai Lapau, Kahaungueti, Pahunga Lodu, Umalulu dan Ngadungala.

Dari total 73 kasus aktif hingga Minggu, sebanyak 18 kasus terdapat di Kecamatan Kambera sementara 17 kasus di kecamatan Kota Waingapu. Sementara berdasarkan lokasi perawatan, sebanyak 3 orang dirawat di RSUD Umbu Rara Meha, 10 orang isolasi terpusat di dua lokasi serta 62 orang menjalani isolasi mandiri.

Hingga Minggu, angka positif rate untuk Kabupaten Sumba Timur berkisar pada 17,44 persen sementara angka kesembuhan 96,42 persen. Sedang angka fatality rate 2,25 persen.

Baca juga: Setiap Hari Ada Pasien Covid-19 di Sumba Timur yang Sembuh

Dari jumlah total kasus positif sejak pertama sebanyak 5.471 kasus, sebanyak 5.275 diantaranya dinyatakan sembuh, sementara 122 orang meninggal. Saat ini masih ada 73 orang yang dirawat.

Sementara itu, pemerintah daerah bersama berbagai elemen terus melaksanakan vaksinasi bagi warga. Selain Vaksinasi terpusat di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu, juga dilaksanakan vaksinasi presisi oleh pihak Kepolisian Resor Sumba Timur di Mapolres serta Aula GKS Payeti Waingapu pada hari yang sama. (*)

Baca Berita Sumba Timur Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved