Breaking News:

Timor Leste

Petani Stroberi Australia Rugi Besar, Stroberi Terbuang-buang Karena Kekurangan Pekerja Musiman

Guido Ximenes adalah pekerja musiman berusia 29 tahun dari Timor Leste yang bekerja sepanjang hari di bawah terik matahari Queensland memetik stroberi

Editor: Agustinus Sape
SBS Matthew Guest
Pertanian Australia membutuhkan banyak pekerja musiman untuk memanen buah-buahan di ladang-ladang pertanian yang kini sedang musimnya untuk memanen. Seorang pekerja musiman dari Timor Leste memperlihatkan buah stroberi yang dipanen dari pertanian Brisbane Australia. 

Petani Stroberi Australia Rugi Besar, Stroberi Terbuang-buang Karena Kekurangan Pekerja Musiman

POS-KUPANG.COM, QUEENSLAND - Ketika pemerintah federal berencana untuk mempercepat lebih banyak pekerja musiman dari luar negeri ke pertanian Australia di tengah larangan perjalanan COVID-19, bagi banyak orang sudah terlambat dengan petani harus menghancurkan hingga setengah dari tanaman musim semi mereka.

Guido Ximenes adalah pekerja musiman berusia 29 tahun dari Timor Leste yang bekerja sepanjang hari di bawah terik matahari Queensland memetik stroberi.

Dia mulai tepat setelah matahari terbit dan pada akhir hari yang sibuk telah mengumpulkan ratusan kilogram buah merah berair untuk transportasi ke pasar dan pusat perbelanjaan di seluruh negeri.

“Saya punya 12 saudara laki-laki dan perempuan,” katanya saat istirahat makan siang di properti Wamuran. “Saya membantu mereka membangun rumah dan membiayai adik-adik saya untuk belajar.”

Keluarga Ximenes tinggal di daerah penghasil kopi di Timor Leste Ainaro. Kopi membuat hampir seperempat dari ekonomi Timor Leste dan sekitar 200.000 orang di sana mengandalkan budidaya kopi sebagai sumber pendapatan utama mereka.

Tetapi pemetik kopi, seperti banyak pekerja Asia Tenggara dan Pasifik, mendapatkan sebagian kecil dari gaji Australia.

“Saya suka tinggal di pertanian, pekerjaannya bagus,” kata Ximenes.

Petani stroberi Ray Daniels menganggap dirinya beruntung memiliki sekitar 50 pekerja musiman yang mendukungnya.

Baca juga: Aturan Visa Pertanian Australia yang Baru Mengancam Program Pekerja Musiman dari Timor Leste

"Mereka telah menyelamatkan kami. Kami berada di jalur yang tepat saat ini," katanya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved