Breaking News:

Berita Flores Timur

Kabupaten Flores Timur Jadi Salah Satu Kandidat Terbaik Ajang STBM Award

tim Pokja AMPL Flores Timur memberikan sajian data lapangan dan dokumentasi lengkap, sehingga membuat tim penilai Pusat

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/AMAR OLA KEDA
Bupati Flores Timur, Antonius Gege Hadjon pose bersama tim STBM Kabupaten Flores Timur 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Amar Ola Keda

POS-KUPANG.COM, LARANTUKA-Tim penilai Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award saat ini tengah melakukan penilaian terhadap desa STBM di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Flores Timur. 

Kabupaten Flores Timur akan bersaing dengan 65 Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia untuk memenangkan penghargaan STBM award.

Sebagai rangkaian persiapan penilaian STBM Award, Bupati Flores Timur, Antonius Hubertus Gege Hadjon memimpin langsung tim STBM kabupaten melakukan metode konfirmasi terhadap dokumen pendukung STBM Kabupaten Flores Timur melalui presentasi dan tanya jawab secara virtual meeting, Kamis, 16 September 2021.

Bupati Flores Timur didampingi Pokja Air Minum Penyehatan Lingkungan (AMPL) yaitu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Apolonia Corebima, Kepala Dinas Kesehatan dr. Agustinus Ogie Silimalar, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dominikus Demon, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Eduard Johanes Fernandez dan Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, Maria Goretty A. C. NeboTukan.

Baca juga: Terlibat Korupsi, 10 ASN Flores Timur Diberhentikan Tidak Dengan Hormat

Dalam virtual meeting tersebut hadir pula tim penilai pusat, Ely Setyowati, Koordinator Penyehatan Air dan Sanitasi Dasar, Direktorat Kesehatan Lingkungan Ditjen Kesmas Kemkes RI, Dian, staf Kementerian PUPR RI, Muhammad Zainal, WASH Specialist UNICEF Indonesia, Ni Nengah Yustina Tutuanita sebagai sub koordinator penyehatan sanitasi dasar Direktorat Kesehatan Lingkungan Ditjen Kesmas Kemkes RI. Hadir juga tim penilai provinsai NTT

Kepada tim penilai, tim Pokja AMPL Flores Timur memberikan sajian data lapangan dan dokumentasi lengkap, sehingga membuat tim penilai Pusat memberikan pujian dan apresiasi akan keseriusan dan kerja keras pemerintah kabupaten Flores Timur dalam melaksanakan STBM. 

"Flores Timur menjadi salah satu kandidat terbaik diajang STBM Award ini," ujar Koordinator Penyehatan Air dan Sanitasi Dasar, Ely Setyowati.

Menurut dia, Flores Timur menjadi salah satu kandidat terbaik, karena saat ini sudah 134 desa/kelurahan telah dideklarasikan sebagai desa STBM, dari 250 desa/kelurahan yang ada di kabupaten Flores Timur. 

Sementara Bupati Flores Timur, Antonius Hadjon mengatakan, yang paling penting dan utama dalam program STBM adalah 5 Pilar STBM.

Baca juga: Satu Pemain Dollar FC Flores Timur Lolos Seleksi PON XX Papua 2021

Lima pilar itu mesti menjadi gaya hidup setiap masyarakat baik di desa maupun kota di seluruh wilayah Flotim.

“5 Pilar STBM harus menjadi gaya hidup masyarakat kita," katanya.

Menurut dia, perilaku hidup menyimpang dari 5 Pilar STBM, dapat menimbulkan diare dan berbagai jenis penyakit lainnya, bahkan kematian.

Karena itu, katanya, perilaku higienis dan sanitasi total harus betul-betul merasuk dalam sukma setiap generasi di Kabupaten Flotim mulai dari anak-anak hingga yang sudah lanjut usia. (*)

Berita Flores Timur Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved