Breaking News:

Berita Sabu Raijua

Ini Sosok Penting Dibalik Kemenangan Bupati Sabu Raijua

Pilkada Sabu Raijua sempat menuai polemik, pasca Bawaslu menemukan salah satu calon, Orient Riwu Kore berkewarganegaraan Amerika

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/AMAR OLA KEDA
Bupati/Wakil Bupati Sabu Raijua pose bersama kuasa hukumnya, Adhitya Nasution usai pelantikan di Aula El Tari Kupang 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Amar Ola Keda

POS-KUPANG.COM, KUPANG- Pilkada Sabu Raijua sempat menuai polemik, pasca Bawaslu menemukan salah satu calon, Orient Riwu Kore berkewarganegaraan Amerika. Kasus ini pun diproses hingga ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Melalui keputusan MK, Orient Riwu Kore dinyatakan gugur dalam pencalonan Pilkada Sabu Raijua. Bedasarkan keputusan MK, KPU pusat kemudian meminta Pilkada ulang Sabu Raijua, hingga dimenangkan pasangan calon, Nikodemus Rihi Heke- Yohanes Uli Kale.

Kemenangan Nikodemus-Yohanes tak terlepas dari perjuangan kuasa hukum, Adhitya Nasution. Bersama timnya, Adhitya mampu meyakinkan hakim MK bahwa Orient Riwu benar-benar berkewarganegaraan asing.

Meski menjadi sosok penting dalam Pilkada Sabu Raijua, namun Adhitya tak banyak berharap. Ia hanya berharap Kabupaten Sabu Raijua dibawa kepemimpinan Nikodemus Rihi Heke dan Yohanes Uli Kale mampu membuat perubahan bagi masyarakat Sabu Raijua.

Baca juga: Jacki Uly Beri Apresiasi atas Pelantikan Bupati Sabu Raijua

Menurut Nasution, perjuangannya sangat berat dalam menangani kasus Pilkada Sabu Raijua. Dimana dirinya sadar, bahwa lawan-lawannya berasal dari partai besar.

"Yang pasti perjuangan yang berat, dan kita tahu kapasitas kita tidak sebagai siapa-siapa. Jadi pencapaian ini merupkn kepuasan tersendiri buat kita, sehingga tidak dapat dinilai dengan uang maupun apapun," ungkapnya kepada wartawan di Alula Eltari Kupang, Kamis 16 September 2021.

Ia mengaku puas dengan bantuan hukum yang diberikan, dan memberikan sebuah kebanggan, karena dapat mendampingi bupati Sabu Raijua, Nikodemus Rihi Heke.

"Waktu itu ada tekanan dan gesekan dari pihak pendukung yang mencoba untuk mengintimidasi dan memecah belah kita. Tetapi itu kita berhasil lewati," ujarnya.

Baca juga: Jelang Pelantikan, Bupati Lembata dan Sabu Raijua Ikuti Gladi

Dia menyebut, dirnya sama sekali tidak sedang berkomitmen dengan bupati Sabu Raijua terkait bantuan hukum yang diberikan. Namun hanya semata membantu bupati saat persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved