Breaking News:

Berita Kota Kupang

SMKN 5 Kupang Teken MoU dengan Dinas PUPR Provinsi NTT

Pengembangan dan pemanfaatan sarana dan prasarana dan dukungan pelaksanaan praktik kerja lapangan dan / atau magang siswa. 

Penulis: Michaella Uzurasi | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Penandatanganan MoU oleh Kepala SMKN 5 Kupang, Dra Safirah C Abineno dan Kepala Dinas PUPR NTT Ir. Maksi Y. E. Nenabu, M.T  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Michaella Uzurasi

POS-KUPANG.COM,  KUPANG - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Kupang menandatangani perjanjian kerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin, 13 September 2021. 

Kepala SMKN 5 Kupang, Dra Safirah C. Abineno mengatakan, hal ini untuk mewujudkan visi SMK Pusat Keunggulan karena SMKN 5 Kupang telah dianugerahi gelar Center of Excellence (COE) pada Program Keahlian Teknik Energi Terbarukan untuk Kompetensi Keahlian Teknik Energi Surya Hidro dan Angin TESHA pada tahun 2020 dan gelar Pusat Keunggulan pada tahun 2021.

Visi SMK Pusat Keunggulan yaitu menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta menjadi rujukan / pengimbas dalam peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya sehingga SMK Negeri 5 Kupang dituntut untuk bisa bersinergi dengan dunia usaha dunia industri (DUDI) dan lembaga - lembaga / instansi - instansi terkait. 

Safirah menjelaskan, dalam rangka mewujudkan kesinergian dalam peningkatan kualitas pendidikan vokasi, maka salah satu strategi SMK Negeri 5 Kupang adalah membangun kerjasama dengan DUDI sesuai karakteristik program - program keahlian yang ada di SMKN 5 Kupang dan instansi - instansi terkait diantaranya Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi NTT, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi NTT dan Dinas Koperasi Nakertans Provinsi NTT.

Baca juga: Sekolah Kembali Dibuka, Kota Kupang Terapkan Tatap Muka Terbatas

"Untuk Dinas PUPR sudah ditandatangani, sementara Dinas ESDM dan Dinkopnakertrans masih dalam prosesi," kata Safirah, Selasa, 14 September 2021.

Ruang lingkup kerjasama yang disepakati antara lain penyediaan instruktur / guru tamu / tenaga ahli, 
Pengembangan dan pemanfaatan sarana dan prasarana dan dukungan pelaksanaan praktik kerja lapangan dan / atau magang siswa. 

Kerjasama ini untuk siswa SMKN 5 Kupang dari program keahlian Teknik Konstruksi dan Perawatan Bangunan Sipil. 

Terpisah, Kepala Dinas PUPR NTT, Ir. Maksi Y. E. Nenabu, M.T mengungkapkan, kerjasama tersebut sebagai bentuk dukungan PUPR untuk menghasilkan lulusan SMK yang berkualitas dan siap masuk dalam dunia kerja, mendapatkan kesempatan PKL pada kantor PUPR atau terjun langsung ke proyek - proyek PUPR sesuai jurusan dan mendapatkan bimbingan lapangan dari tenaga teknis berpengalaman.(*)

Berita TTU Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved