Breaking News:

Berita Malaka

Pemkab Malaka Segera Realisasikan Pemberian Insentif buat Fukun

Selain itu, ada klen induk bentuk klen baru seperti masyarakat dari Malaka Barat ke Rinhat ada klen baru.

Penulis: Edy Hayong | Editor: Rosalina Woso
Pos KUPANG/DION KOTA
Agustinus Nahak 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM, BETUN--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka sesegera mungkin merealisasikan pemberian insentif kepada para Fukun (Tua Adat) di Malaka. 

Para tua adat yang dalam pendataan tersebar di 127 Desa yang ada berjumlah sekitar 1.531 orang yang terealisasikan pembayarannya melalui anggaran dana desa (ADD) dengan kisaran antara Rp 50.000-Rp 100.000 per orang. Dasar nilai ini dengan  mempertimbangkan  luas wilayah dan kepadatan penduduk di desa tersebut.

Kepala Dinas pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD)  Malaka, Agustinus Nahak menyampaikan ini di ruang kerjanya, Senin 13 September 2021.

Menurutnya, akan ada insentif yang bersumber dari dana APBD karena untuk sementara masih dihitung standar insentif tertinggi dan terendah berdasarkan status tua adat di desa itu.

Itupun nanti penetapannya   melalui peraturan Bupati Malaka terkait besarannya. Pasalnya,  harus ada pembahasan bersama dengan legislatif dan realisasinya pada tahun 2022.

Baca juga: Bupati Malaka Tidak Temukan Kendala Hari Pertama Memantau  Ujian PPPK

Dia merincikan,   di tingkat desa ada 84 tua adat atau disebut Nai'n ditingkat Kecamatan ada 4 tua adat (Loro) dan ditingkat Kabupaten ada satu orang disebut Liurai.

"Kalau Liurai secara adat statusnya setara dengan Bupati levelnya Kabupaten. Loro setara dengan Camat levelnya wilayah Kecamatan sedangkan Nai,n setara kepala desa levelnya tingkat desa. Kalau dulu sebelum pemekaran status Loro itu dia bisa membawahi 10 desa," jelasnya. 

Dikatakan Agus,  dari 127 desa secara total ada 1.531 tua adat (Fukun) tetapi  belum dilakukan verifikasi secara baik karena sebelumnya terjadi eksodus warga Timor Leste ke Indonesia.

Dia mencontohkan,  klen dari Timor Leste masuk ke Indonesia tentu membawa dengan sukunya.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved