Breaking News:

Tips Sehat

Banyak Menyerang Anak Kecil, Kenali Gejala Flu Singapura, Infeksi Menular karena Virus

Banyak Menyerang Anak Kecil, Kenali Gejala Flu Singapura, Infeksi Menular karena Virus

Editor: Eflin Rote
gridhealth.id
Flu Singapura juga dikenal sebagai penyakit tangan, kaki dan mulut 

POS-KUPANG.COM - Flu Singapura adalah infeksi menular yang disebabkan oleh virus. Umumnya penyakit ini menyerang anak yang berusia di bawah 10 tahun, meski tidak menutup kemungkinan juga orang dewasa bisa mengidapnya.

Flu Singapura juga dikenal sebagai penyakit tangan, kaki dan mulut (Hand-Foot-Mouth-Disease), umumnya disebabkan oleh sekelompok virus yang disebut enterovirus.

Daya tahan tubuh yang belum sekuat orang dewasa dan kurangnya pengetahuan tentang pentingnya cuci tangan menjadi dua faktor mengapa flu Singapura lebih banyak menyerang anak.

Faktor lain yang juga berperan adalah cuaca. Beberapa penelitian yang dilakukan di Singapura, Hongkong, dan Jepang menemukan bahwa penyakit ini lebih mudah menular di tempat yang suhunya panas, kelembapannya tinggi, dan anginnya kencang.

Baca juga: Penyakit Angin Duduk BIsa Terjadi Tiba-tiba, Ini Gejala Penyakit Angin Duduk yang Harus Diwaspadai

Masa inkubasi virus flu singapura berlangsung selama 3-6 hari.

Gejala pertama yang biasanya muncul adalah demam yang kemudian diikuti dengan nyeri menelan, nafsu makan menurun, dan lemas.

Kemudian, sariawan akan muncul di mulut anak, 1-2 hari setelah demam muncul.

Baca juga: Demam,Kelelahan Persisten,Memar, Ini 9 Gejala Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening Harus Diwaspadai

Biasanya rasa sakit sariawan akan membuat anak menjadi enggan makan. Setelah sariawan muncul, muncul ruam merah di tangan dan kaki si kecil.

Cegah penyebaran flu Singapura dengan menerapkan beberapa kebiasaan sehat, seperti mencuci tangan sebelum makan, setelah dari toilet, dan setelah batuk atau bersin.

Ajari anak untuk menutup mulut dan hidungnya saat batuk dan bersin dengan menggunakan tisu sekali pakai atau siku bagian dalam.

Meski gejalanya ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya, penyakit ini menjadi momok bagi ibu karena bisul yang ditimbulkan membuat anak mogok makan.

Baca juga: Urin Berwarna Gelap dan Nyeri Otot Gejala Penyakit Hepatitis, Gejala Lainnya

 
Artikel ini telah tayang di grid.health.id dengan judul Mengenal Gejala Flu Singapura yang Lebih Banyak Menyerang Si Kecil

Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved