Breaking News:

Berita Sumba Timur

Paroki Sang Penebus dan Puskesmas Kawangu Gelar Vaksin Remaja 12 - 17 Tahun 

total 102 siswa baik yang tinggal di Asrama Putra Padadita maupun Asrama Putri Wara telah menerima vaksin di lokasi itu. 

Penulis: Ryan Nong | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Pastor Kapelan Paroki Sang Penebus Wara, Pater Rafi Uran, CSsR 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong 

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU -- Paroki Sang Penebus Wara Dekenat Waingapu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Sumba Timur melalui Puskesmas Kawangu menggelar vaksinasi bagi remaja. 

Vaksinasi tersebut dilaksanakan di Aula SMP Katolik Anda Luri Waingapu di jalan MT. Haryono Waingapu pada Seni 13 September 2021.

Proses vaksinasi berlangsung pukul 09.00 Wita hingga pukul 13.30 Wita. 

Pastor Kapelan Paroki Sang Penebus Wara, Pater Rafi Uran, CSsR menjelaskan vaksinasi yang dilakukan bekerjasama dengan pihak Puskesmas Kawangu itu merupakan vaksinasi dosis pertama menggunakan vaksin jenis Corona Sinovac. 

Vaksinasi ditujukan bagi para remaja usia 12 hingga 17 tahun di wilayah itu baik yang merupakan siswa asrama maupun masyarakat umum. Ia menyebut, pihak Puskesmas Kawangu menyiapkan sebanyak 250 vial vaksin dosis pertama pada kesempatan itu. 

Baca juga: Dewan Telah Selesaian Pembahasan KUA PPAS Perubahan Kabupaten Sumba Timur 2021

"Kita berharap dengan vaksinasi ini dapat menciptakan kekebalan komunal atau herd immunity terlebih anak anak yang tinggal di asrama," ujar Pater Rafi Uran kepada POS-KUPANG.COM usai pelaksaan vaksinasi. 

Ia menyebut, total 102 siswa baik yang tinggal di Asrama Putra Padadita maupun Asrama Putri Wara telah menerima vaksin di lokasi itu. 

Terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan Sumba Timur, Tinus Ndjurumbaha, SKM, M.Ap., mengatakan selain vaksinasi di SMP Katolik Anda Luri Waingapu, pada hari yang sama juga digelar vaksinasi di beberapa lokasi di Kota Waingapu. 

Vaksinasi dilaksanakan di RSUD Umbu Rara Meha untuk vaksin Dosis pertama Moderna. Selain itu vaksinasi oleh Puskesmas Kambaniru di SD Kahunga Eti, Prailiu untuk vaksin dosis pertama Moderna serta Puskesmas Waingapu di Markas Kodim 1601 Sumba Timur untuk vaksin dosis kedua Sinovac. 

Tinus Ndjurumbaha menjelaskan, dalam rangka percepatan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Sumba Timur, Dinas Kesehatan juga menerapkan strategi dengan memperbanyak lokasi dan tim vaksin.

Baca juga: DPRD Sumba Timur Mulai Sidang Ketiga

Hal itu dilakukan baik untuk vaksinasi yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan maupun bekerja sama dengan  berbagai stakeholder seperti Kepolisian dan TNI serta pihak lain. 

Selain memperbanyak lokasi dan tim vaksinasi, Dinas Kesehatan juga melakukan vaksinasi di sekolah dan perkantoran. Vaksinasi sekolah menyasar remaja usia 12 tahun sampai 17 tahun. 

Tinus Ndjurumbaha mengaku berdasarkan catatan pihaknya, sebanyak 80 persen ASN yang bertugas di wilayah Kota Waingapu telah menerima vaksin minimal dosis pertama. (*) 

Berita Sumba Timur Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved