Breaking News:

Timor Leste

Meski Di Asia Tenggara, Timor Leste Dianggap Sebagai Penghambat Lajunya Pembanguan ASEAN, Simak Ini

Meski Timor Leste ada di Asia Tenggara dan telah merdeka, namun sampai saat ini negara itu belum menjadi anggota ASEAN.

Editor: Frans Krowin
POS KUPANG/TENY JENAHAS
Jembatan Lifau yang terletak di District Oecusse Timor Leste dengan konstruksi seperti jembatan gantung. Gambar diambil.Sabtu 30 Maret 2019. 

POS-KUPANG.COM – Meski Timor Leste ada di Asia Tenggara dan telah merdeka, namun sampai saat ini negara itu belum menjadi anggota ASEAN.

Berdasarkan fakta sejarah, Timor Leste menjadi negara merdeka pada 20 Mei 2002, setelah beberapa bulan sebelumnya secara resmi pisah dari Indonesia.

Timor Leste lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui referendum yang diselenggarakan akhir tahun 1999 lalu.

Saat referendum digelar, mayoritas masyarakat memilih merdeka, sehingga Timor Leste pun akhirnya menjadi negara merdeka.

Baca juga: Pelajar di Perbatasan Indonesia - Timor Leste Diajari Taat Protokol Kesehatan Covid-19

Meski Timor Leste hampir 20 tahun merdeka, namun sampai sekarang negara itu belum diterima menjadi anggota ASEAN.

Untuk diketahui, ASEAN merupakan organisasi internasional bersifat kawasan. Semacam perserikatan bangsa-bangsa di Asia Tenggara.

Namun hingga kini secara organisatoris ASEAN belum mau menerima Timor Leste sebagai anggota. Padalal Timor Leste berada di asia tenggara.

Itu artinya, walau berada di kawasan Asia Tenggara, namun Timor Leste  bukanlah negara ASEAN.

Timor Leste menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang hingga kini belum diterima ASEAN. Padahal Timor Leste sudah mengajukan permohonan sejak tahun 2011.

Permohonan itu sampai sekarang masih ditolak. Pasalnya belum semua negara ASEAN menyetujui bergabungnya Timor Leste ke ASEAN.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved