Breaking News:

Berita Sikka

Bumil Mulai Divaksin Covid-19 Pada 25 Puskesmas di Kabupaten Sikka

pelaksanaan pelayanan vaksinasi ini dilakukan secara serentak pada 25 fasilitas kesehatan oleh tim vaksinator di masing masing puskesmas.

Penulis: Aris Ninu | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/ARIS NINU
Vaksin Covid-19 bagi bumil di Puskesmas Beru, Kabupaten Sikka, Selasa, 14 September 2021 pagi dipantau Wabup Sikka dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sikka. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM, MAUMERE -Ibu-ibu hamil atau bumil di Kabupaten Sikka mulai diberikan suntikan vaksin Covid-19.

Pemberian vaksin bagi bumil ini diawali dengan lauhing oleh Wabup Sikka,

Romanus Woga kepada bumil secara serentak pada 25 puskesmas di Kabupaten Sikka. Acara launching berlangsung di Puskesmas Beru, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, Selasa,14 September 2021 pagi.

Seketaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sikka, dokter Clara Francis dalam laporan kepanitiaannya menjelaskan, tujuan diberikan vaksinasi kepada bumil adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh para bumil terhadap serangan virus Covid-19 dan sebagai publikasi pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi bumil kepada masyarakat.

Ia mengatakan, pelaksanaan pelayanan vaksinasi ini dilakukan secara serentak pada 25 fasilitas kesehatan oleh tim vaksinator di masing masing puskesmas.

Baca juga: Atlet Tarung Derajat Sikka Ikut PON Papua, Bupati Beri Uang Saku Rp 20 Juta

“Untuk pemberian vaksinasi di Puskesmas Beru ini menghadirkan sasaran para bumil dari wilayah kerja Puskesmas Beru sebanyak 181 orang dibagi jam pelayanan agar tetap taat prokes,” ungkap Clara.

Wabup Sikka, Romanus Woga dalam sambutannya mengatakan, pemberian vaksinasi Covid-19 kepada para bumil di Kabupaten Sikka secara serentak dilakukan yang di lakukan disetiap puskemas di seluruh Kabupaten Sikka. Pasalnya, mereka merupakan kelompok yang sangat rentan terpapar Virus Covid-19.

Dosis pertama pemberian vaksinasi ini, kata Romanus, diberikan kepada usia kehamilan diatas tiga bulan dan dosis kedua diberikan sesuai dengan jenis interval vaksin. Pelayanan awal pada saat launching akan dilayani sebanyak 1.948 sasaran untuk bumil yang tersebar di 25 puskesmas di wilayah Kabupaten Sikka.

“Tujuan pemberian vaksin kepada bumil ini untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak serta menekan kematian ibu dan bayi. Berbagai upaya dan strategi yang dilakukan secara kontinyu dan komprehensif terutama difasilitas kesehatan tingkat pelayanan primer dan rujukan serta dukungan dari lintas sektor seperti LSM, tokoh agama, tokoh masyarakat dan kaum muda untuk memberikan kontribusi bagi kesehatan perorangan keluarga dan masyarakat pada umumnya,” kata Romanus.

Baca juga: Pria asal Koting-Sikka Ditemukan Meregang Nyawa di Dalam Rumahnya

Maria Merfiana (35), salah satu bumil yang menerima vaksin diwawancarai mengatakan, dirinya merasa senang karena telah divaksin walaupun baru dosis pertama. Disinggung tentang reaksi setelah dirinya divaksin ia mengatakan tidak ada reaksi apa apa hanya rasa sakit saat di suntik vaksin.

Pantauan wartawan, jalannya vaksin bagi bumil dilaksanakan dengna prokes dan dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sikka, Maria Cahyani Idong dan petugas nakes yang memantau pemberian vaksin.(*)

Berita Sikka Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved