Breaking News:

Berita Manggarai Timur

Test Antigen Gratis Bagi Peserta Seleksi Guru PPPK di Manggarai Timur, Panitia Siapkan Tiga Lokasi

Test Antigen Gratis Bagi Peserta Seleksi Guru PPPK di Manggarai Timur, Panitia Siapkan Tiga Lokasi

Penulis: Robert Ropo | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Komputer yang sudah dipasang untuk peserta seleksi guru PPPK 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG - Para peserta seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK) Tahun 2021 patut berbangga, sebab pemerintah pusat melalui Kemendikbud RI bekerja sama dengan Kemenkes RI menyiapkan Test Antigen gratis bagi para peserta.

Kepala Dinas PPO Kabupaten Manggarai Timur, Basilius Teto, kepada POS-KUPANG.COM, Minggu 12 September 2021, menjelaskan, seleksi guru PPPK untuk tahap pertama akan berlangsung dari tanggal 14 sampai 16 September 2021. Kemudian untuk tahap kedua dan ketiga akan disesuaikan jadwalnya, namun intinya seleksi PPPK akan dilaksanakan sebanyak 3 tahap.

Dijelaskan Basilius, berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan total peserta yang mengikuti seleksi Guru PPPK di Manggarai Timur sebanyak 2.921 orang dari jumlah itu disiapkan Test Antigen gratis.

"Jadi disiapkan bagi peserta Test Antigen gratis, tanpa pungut biaya apapun. Karena anggaran sudah disiapkan oleh Kemendikbud bekerja sama dengan Kemenkes RI,"tegas Basilius.

Baca juga: Ini Rekapan Sementara Peserta CPNS Manggarai Timur Yang Lolos SKD, Ini Datanya

Tempat yang disediakan untuk peserta melakukan Tes Antigen gratis, kata Basilius, disiapkan di 3 lokasi, dimana untuk peserta yang mengikuti ujian dalam Kota Borong seperti SMA Negeri 3 Borong, SMP Negeri 1 Borong, SMAK Pancasila Borong, SMP St Stanislaus Borong, SMK Negeri 1 Borong dan SMA Negeri 2 Borong berupusat di gedung IKM Borong, Golo Lada. Sedangkan untuk peserta yang mengikuti di TUK SMA Negeri 1 Borong langsung di lokasi itu, begitu juga dengan SMA Semenari Pius XII Kisol.

"Test Antingen bagi peserta dilakukan satu hari sebelum mengikuti ujian,"jelasnya.

Dikatakan Basilius, dalam mengikuti seleksi guru PPPK, peserta wajib menunjukan Rapid Test Antigen dan juga wajib menunjukan minimal telah menerima vaksin Covid-19 dosis 1.

Selain itu karena ujian seleksi ini berlangsung di tengah pademi Covid-19, kata Basilius, pelaksanaan ujian diterapkan dengan protokol kesehatan secara ketat, seperti peserta wajib mamakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumanan.

Baca juga: Testing CPNS Manggarai Timur, Pelamar 7.378 Orang Dokter Tidak Ada Pelamar

Karena itu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Manggarai Timur untuk penanganan Covid-19 pada saat pelaksanaan seleksi.

"Kita sudah melakukan koordinasi bersama dengan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Manggarai Timur untuk penanganan Prokes nantinya,"ungkapnya.

Untuk mencegah kerumunan yang terjadi, pada pelaksanaan seleksi guru PPPK tahun 2021, kata Basilius, pihaknya juga sudah menyiapkan 8 tempat uji kompetensi (TUK). Kedelapan tempat itu yakni di SMA Negeri 1 Borong di Kaca, Sita, SMA Negeri 3 Borong, SMA Semenari Pius XII Kisol, SMP Negeri 1 Borong, SMAK Pancasila Borong, SMP St Stanislaus Borong, SMK Negeri 1 Borong dan SMA Negeri 2 Borong.

Sementara terkait kesiapan sarana prasarana seperti komputer dan lain sebagainya untuk seleksi tersebut, kata Basilius, sudah disiapkan dengan baik.

"Pokoknya TUK, sarana-prasarana pendukung seperti komputer dan lain sebagainya, sudah siap,"pungkas Basilus. (*)

Baca Berita Manggarai Timur Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved