Breaking News:

Berita Sikka

Penjelasan Syahbandar Maumere Terkait Pengoperasian Kapal Roro dari Surabaya-Maumere

Penjelasan Syahbandar Maumere Terkait Pengoperasian Kapal Roro dari Surabaya-Maumere

Penulis: Aris Ninu | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ARIS NINU
Kepala Syahbandar Maumere, Jhon Ola 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM, MAUMERE-Sudah lama warga Kabupaten Sikka merindukan kehadiran kapal roro guna berlayar dari Surabaya-Maumere.

Warga terus mendesak pemerintah segera menghadirikan kapal guna mempercepat akses barang Surabaya-Maumere dan sebaliknya. Harapan dan keingingan warga direspon.

Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Lorens Say Maumere, Jhon Ola kepada wartawan di Maumere, Minggu, 12 September 2021 siang.

Baca juga: Guru di Kabupaten Sikka Gelar Aksi Demo, Ini Tuntutannya

Jhon mengatakan, dalam waktu dekat ini kapal Roro milik PT Dharma Lautan Utama akan beroperasi dengan rute Maumere- Surabaya akan mulai beroperasi.

Jhon menyampaikan, pelayaran perdana Kapal Roro milik PT Dharma Lautan Utama ( DLU) Dharma Kartika III dengan ijin trayek Maumere -Makassar sudah mulai beroperasi pada Rabu (8/9/2021).

"Ijin operasi PT DLU sampai saat ini masih berlaku untuk melayani pelayaran di Maumere. Hanya karena kapalnya pada tahun 2020 yang lalu mengalami kecelakaan tenggelam akibtanya rute pelayaran ke Maumere vakum," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk rencana pelayaran dengan rute Tanjung Perak Surabaya ke Pelabuhan Maumere kapalnya baru didatangkan dari Jepang dan saat ini sudah berada di Surabaya sedang di lakukan renovasi pembangunan akomodasi penumpang.

Baca juga: Tim Gabungan Satgas Covid-19 di Kabupaten Sikka Mulai Tindak Pelanggar Prokes

"Kita berharap dalam waktu dekat ini sudah bisa beroperasi," paparnya.

Soal infrastruktur pelabuhan dia mengatakan, untuk Pelabuhan Lorens Say sendiri memiliki 4 dermaga yang sangat eksiting yaitu dermaga 1, 2, 3 termasuk dermaga 4 yang sudah diujicoba sandar kapal Dharma Rucitra I kemarin.

"Dengan kondisi ini kami ingin katakan Pelabuhan Lorens Say cukup layak untuk melayani keluar masuknya kapal di Maumere," jelasnya.

Jhon mengajak kepada Pemerintah Kabupaten Sikka dan seluruh masyarakat pengguna jasa agar bekerjasama dan berkolaborasi untuk menjaga keamanan dan kelancaran embarkasi penumpang dan kegiatan bongkar muat demi membangun pelabuhan di Nian Tanah Sikka. (*)

Baca Berita Sikka Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved