Breaking News:

Berita NTT

NEWS ANALISIS Dr. Fritz O. Fanggidae Pengamat Ekonomi: Menuju Bank Devisa

NEWS ANALISIS Dr. Fritz O. Fanggidae Pengamat Ekonomi: Menuju Sebuah Bank Devisa

Editor: Kanis Jehola
Dok. Pribadi
Dr. Fritz O. Fanggidae 

POS-KUPANG.COM- Penghargaan yang diterima PT. Bank Pembangunan Daerah ( Bank NTT) sebagai Top BUMD awards 2021 bisa berpotensi menjadi bank devisa dan bisa melakukan transaksi keuangan ekspor-impor di daerah.

Dengan penghargaan yang diterima dengan kinerja yang baik agar terus ditingkatkan kedepannya sehingga bisa bergeser ke TIR satu dan berpotensi menjadi bank devisa.

Dengan menjadi bank devisa, Bank NTT berpeluang terlibat dalam transaksi ekspor dan impor di daerah sehingga bisa mendukung mata rantai ekspor dan impor di daerah serta pelaku ekonomi tidak lagi bergantung pada bank umum.

Kalau jadi bank devisa kan bisa membantu sekali dan bisa mendorong pelaku ekonomi di NTT. Terutama untuk kegiatan ekonomi.

Baca juga: UKM Feotnai MaTani Apresiasi & Profesiat Bagi Bank NTT Atas Penghargaan Yang Diperoleh

Dengan kinerja dan pencapaian yang baik ini, Bank NTT menjadi bank devisa pada dua tahun kedepan. Namun, disisi lain, aktifitas ekonomi di NTT cukup terhambat akibat pandemi Covid-19.

Sehingga kondisi yang telah berangsur normal dan capaian kinerja yang baik dari Bank NTT, tentu akan sangat mendorong bank NTT menjadi bank devisa di daerah ini.

Penghargaan yang diterima tersebut berdasarkan kinerja perbankan. Salah satu kinerja yang cukup berhasil yakni penurunan NPL atau kredit macet yang turun menjadi 2,3 persen dari sebelumnya 4,5 persen.

Dengan penghargaan demikian, Bank NTT untuk terus meningkatkan kinerja dan tidak terbuai dengan hal ini melainkan terus melakukan perbaikan dan peningkatan kinerja.

Baca juga: Pemimpin Bank NTT Waikabubak, Sumba Barat Serahkan Bantuan Dana CSR

Penilaian ini juga berdasar pada penilaian Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang kesehatan bank. Dari penilaian itu, Bank NTT berada TIR 2 sehingga, kinerja harus ditingkatkan ke TIR 1 agar mendukung upaya untuk mencapai bank devisa.

Yang paling top itu penilaian dari OJK. Top award itu, sebagai BPD terbaik itu, sebenarnya dasarnya adalah penilaian dari OJK tentang kesehatan bank.

Kinerja yang ditunjukan Bank NTT sudah tepat dan baik, sehingga terus dilakukan peningkatan agar bisa mencapai TIR 1.

Dengan penghargaan ini juga menunjukan adanya korelasi antara kinerja bank dengan direktur utama (Dirut) bank. Untuk itu, pengendalian internal dan rencana bisnis yang ada bisa dikerjakan dengan baik sehingga secara keseluruhan kinerja bank itu bisa meningkat. (cr8)

Baca Berita NTT Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved