Breaking News:

Berita Nagekeo

Semua OPD Wajib Berpikir untuk Kembangkan Pariwisata

Pemerintah Kabupaten Nagekeo ( Pemkab Nagekeo) , kini fokus mengembangkan dua aspek yang cukup penting, yakni  pariwisata dan pertanian

Penulis: Paul Burin | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/PAUL BURIN
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nagekeo, Drs. Ndana Andreas Corsini 

POS-KUPANG.COM, KUPANG -  Pemerintah Kabupaten Nagekeo ( Pemkab Nagekeo) , kini fokus mengembangkan dua aspek yang cukup penting, yakni  pariwisata dan pertanian. Karena itu semua kepala organisasi perangkat daerah (OPD) wajib  berpikir untuk mengembangkan  dua aspek ini. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nagekeo,  Drs. Ndana  Andreas  Corsini mengatakan hal ini di Kupang, Jumat  10 September 2021.

Andreas mengatakan, pengembangan pariwisata atau pertanian tidak diserahkan secara total kepada instansi teknis. Mantan Kadis Pariwisata Nagekeo, ini mengatakan bahwa setiap kepala OPD bekerja sesuai Tupoksinya membangun pariwisata dan pertanian.

" Saya menangkap  bahwa Pak Bupati menginginkan kami kepala OPD  masing-masing bekerja untuk pertumbuhan pariwisata. Kepala yang memiliki DNA pariwisata," kata Ande.

Baca juga: Pemkab Nagekeo Terima Vaksin Covid-19 Tahap II

Begitu pula ketika bicara tentang stunting, bukan menjadi tanggung jawab Dinkes semata. Misalnya, dinas pariwisata melihat data by name, by adress, lalu punya program apa untuk tangani  orang tua yang anaknya stunting.  Maka kata Ande, data musti lengkap. 

Semua berbasis pada data. Jangan mengatakan bahwa itu menjadi tugas Dinkes. Atau contoh lain untuk mengelola persawahan di Mbay, maka  menjadi  tugas OPD lain di luar dinas pertanian. Dampingi petani mulai perencanaan, pembajakan, pembibitan, pemupukan dan lainnya. 

Jika petani  kesulitan biaya maka OPD itu akan menjadi narahubung dengan lembaga perbankan.  Bila perlu hingga pascapanen. 

Kadis Ande memgatakan, Bupati Nagekeo, dr. Johanes Donbosco Do punya harapan agar para Kadis itu berpikir lebih konperehensif.

Baca juga: Pasar Harian Ditutup Gara-gara Covid-19, Pemkab Nagekeo Gelar Operasi Pasar, Ini Lokasi Penjualannya

Jangan berpikir sektoral semata, tetapi berpikir inovatif hingga menjangkau sektor-sektor yang lain. Paradigma ini ternyata telah mengubah mindset para kepala dinas di daerah itu. 

Masih tentang pariwisata  Kadis Ande mengatakan bahwa masyarakat dan Pemda  Nagekeo kini terus menjaga keaslian kampung-kampung adat. Kampung-kampung adat di sana kata dia,   sungguh antik dibanding yang lainnya.   

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved