Berita Manggarai Timur

Test SKD-CPNS di Matim Sesi Pertama 13 Peserta Tidak Ikut, Ini Penjelasan Yustina

Test SKD-CPNS di Matim Sesi Pertama 13 Peserta Tidak Ikut, Ini Penjelasan Yustina

Penulis: Robert Ropo | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Seorang peserta sedang diukur suhu tubuh sebelum mengikuti tes SKD-CPNS di Matim. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM,  BORONG - Test Seleksi Komptensi Dasar (SKD) bagi peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Manggarai Timur (Matim) Tahun 2021 sudah dimulai hari ini, Kamis 9 September 2021. 

Test SKD ini akan berlangsung selama 8 hari kedepan terhitung mulai tanggal 9-16 September 2021. Untuk pelaksanaan sesi pertama hari ini sebanyak 13 orang peserta dari 100 orang peserta.

Kepala BKPSDM Kabupaten Manggarai Timur, Yustina Ngidu, menyampaikan hal itu kepada POS-KUPANG.COM, Kamis 9 September 2021.

Yustina mengatakan, dari 13 orang yang tidak ikut Test SKD-CPNS untuk sesi pertama itu, 12 orang peserta karena tidak hadir di tempat test dan tidak diketahui apa alasanya sehingga tidak hadir. Sedangkan 1 orang peserta hadir di lokasi Test, namun tidak melengkapi satu persyaratan yaitu deklarasi kesehatan.

Baca juga: 155 Peserta Dinyatakan Lulus CPNS Tahun 2020 di Matim, Kaban Yustina Ngidu : Kita Untung

"Karena ini merupakan suatu persyaratan yang wajib, maka pada saat scan wajah tidak keluar PIN karena yang bersangkutan tidak menunjukan deklarasi kesehatan itu. Untuk signal internet dan listrik sesi pertama tidak ada ganggunan,"ungkap Yustina.

Yustina menjelaskan, dalam pelaksanaan Test CPNS ditengah pandemi Covid-19, maka dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 secara ketat.

"Untuk penanganan Covid-19 karena Test kali ini ditengah pandemi Covid-19, kami sudah siap siaga dengan sudah melakukan pertemuan dengan Satgas Covid-19. Dimana dipintu masuk ditempatkan tempat cuci tangan, lalu diukur suhu tubuh, kemudian peserta menunjukan surat hasil Rapid Test Antigen dan pemeriksaan kesehatan lain oleh Petugas Kesehatan dari Dinas Kesehatan,"jelas Yustina.

"Lalu setelah melewati pemeriksaan kesehatan, kemudian dilanjutkan dengan scan wajah peserta, kemudian mengambil PIN peserta dan lain sebagainya, lalu peserta masuk menunggu di ruang tunggu dengan duduk jarak untuk selanjutnya mengikuti Test SKD,"lanjutnya.

Baca juga: Pendaftaran Seleksi CPNS 2021 Dimulai Hari Ini Pelajari Baik-Baik Persyaratannya & Ayo Buruan Daftar

Dikatakan Yustina, karena jumlah peserta yang mengikuti Test SKD sebanyak 2.693 orang peserta dari 2.950 peserta yang mendaftar Test CPNS di Kabupaten Manggarai Timur setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi, maka ketersedian komputer terbatas dan juga untuk mencegah pandemi Covid-19, setiap hari dibagi dalam 4 sesi. Setiap sesi diikuti oleh 100 orang peserta.

Yustina juga menjelaskan, komputer yang disiapkan sebanyak 112 unit dengan setiap sesi diikuti 100 orang peserta sehingga cadangan sebanyak 12 unit komputer.

"Ada tiga unit komputer yang kita sediakan bilamana ada peserta yang suhunya diatas rata-rata,"ungkap Yustina.

Sedangkan bagi peserta yang dinyatakan positif Covid-19, kata Yustina, peserta yang bersangkutan bisa mengikuti Test di sesi terakhir. 

Sementara itu pantauan POS-KUPANG.COM, tanpak para peserta sebelum masuk ke dalam tempat test sebelumnya mereka diarahkan mencuci tangan, lalu diukur suhu tubuh. Selanjutnya peserta wajib menunjukan surat kesehatan diantaranya surat hasil Rapid Test Antigen dan deklarasi kesehatan. 

Selanjutnya peserta mengambil PIN dan dipersilahkan duduk di ruang tunggu untuk menunggu waktu untuk selanjutnya mengikuti Test. Tanpak aparat keamanan dari Sat Pol PP, kepolisian dan Dinas Perhubungan sedang menjaga di lokasi itu. (*)

Baca Berita Manggarai Timur Lainnya

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved