Breaking News:

Berita Kota Kupang

Ketua PPAT NTT Minta Anggota Jalani Tugas Sesuai Aturan

terdapat 110 orang PPAT yang terbesar hampir seluruh kabupaten/kota yang siap memberi layanan bagi masyarakat.

Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/IRFAN HOI
Kegiatan webinar nasional penguatan PPAT. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Ketua pengurus wilayah Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) NTT, Emmanuel Mali SH. MH, meminta anggotanya untuk tetap menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan UU yang berlaku.

Penegasan ini disampaikan agar tidak terjadi masalah hukum yang menimpa anggotanya.

Dalam webinar nasional, Selasa 7 September 2021 Emanuel mengatakan kegiatan ini untuk mendukung anggota PPAT sehingga lebih memproteksi diri.

PPAT sering kali dilibatkan dalam masalah hukum, padahal PPAT telah menjalani tugas sesuai ranahnya.

"Suatu ketika akta itu dipermasalahkan, itu yang kadang-kadang PPAT itu ditarik ikut, baik itu sebagai saksi, maupun terdakwa. Itu yang didatangkan," jelasnya.

Emanuel kembali menekankan agar PPAT bisa menjalani tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Di NTT, kata Emanuel, memang semua PPAT telah berjalan sesuai koridior, tetapi harus terus dibekali dan dibentengi. Maka itu, kegiatan webinar ini pun digelar.

Baca juga: Update Covid 19, 18 Kelurahan Zona Kuning di Kota Kupang

Kegiatan, menurutnya dihadiri hampir 1000 orang dari seluruh provinsi di Indonesia. Webinar itu sebenarnya, lanjut Emanuel, lebih pada penegasan kode etik dan aturan yang berlaku sehingga PPAT tetap bekerja sesuai aturan.

Webinar itu juga dibahas berkaitan dengan pembentukan majelis pertimbangan. Kewenangan majelis ini untuk memberi pertimbangan dan verifikasi terhadap PPAT ketika berhadapan dengan penyidik, jika diikut sertakan dalam suatu persoalan.

Pembentukan ini pada tingkatan PPAT sejauh ini belum bisa dijalankan karena wajib didasari dengan perundang-undangan. Di ikatan notaris, majelis pertimbangan telah dibentuk.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved