Breaking News:

Berita Kota Kupang

Ini Penyebab Terjadinya Tekanan Angin Kencang di Wilayah NTT, Khususnya Kota Kupang

Sedangkan wilayah-wilayah yang berpotensi terjadinya angin kencang pada 8 September 2021 yakni, P. Timor, P. Rote, P. Sabu dan P. Sumba.

Penulis: Ray Rebon | Editor: Rosalina Woso
Ini Penyebab Terjadinya Tekanan Angin Kencang di Wilayah NTT, Khususnya Kota Kupang
net
ilustrasi angin kencang

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ray Rebon

POS-KUPANG.COM, KUPANG-- Kepala Stasiun Meteorologi Klas II El Tari Kupang menjelaskan bahwa angin kencang yang terjadi akhir-akhir ini disebabkan oleh karena adanya perbedaan tekanan udara yang signifikan dan biasanya berlangsung saat musim kemarau seperti ini.

"Selisih tekanan udara yang cukup besar antara BBS dan BBU akan meningkatkan dan menguatkan tarikan massa udara dan kecepatan angin di sekitar Indonesia khususnya di NTT yang secara geografis berada dekat dengan Australia," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi kepada Pos-Kupang.Com, 8 September 2021.

Selain itu, terjadinya angin kencang saat ini karena sifat massa udara yang bergerak dari daerah bertekanan udara tinggi menuju daerah yang memiliki tekanan udara lebih rendah.

Menurut Agung, semakin tinggi selisih tekanan udara antara dua daerah, maka kecepatan gerak massa udara juga akan semakin tinggi/cepat.

Baca juga: SMA Katolik Sint Carolus di Kota Kupang Gelar KBKSN 

Untuk itu, Agung mengimbau sekaligus berharap agar masyarakat selalu waspada dan lebih berhati-hati terhadap dampak langsung yang dapat ditimbulkan oleh angin kencang ini misal robohnya papan reklame, baliho, dahan/ranting pohon patah, dan dampak tidak langsung seperti meluasnya hotspot dan kebakaran lahan/hutan.

Dia menambahkan bahwa wilayah-wilayah di NTT yang berpotensi terdampak angin kencang singkar disertai hujan dan petir pada 9 September 2021 yakni, Alor, Malaka, Belu, TTS, Lembata, TTU, Kab Kupang, Flores Timur, Rote dan Kota Kupang.

Sedangkan wilayah-wilayah yang berpotensi terjadinya angin kencang pada 8 September 2021 yakni, P. Timor, P. Rote, P. Sabu dan P. Sumba.

Lanjutnya, pada 9 September 2021 yakni, P. Timor, P. Rote, P. Sabu dan P. Sumba.(*)

Berita Kota Kupang Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved