Breaking News:

Berita Kota Kupang

UKAW Gelar Pelatihan Entrepreneurship Start Up Bagi Calon Wisudawan 

Dalam paparan materinya Alya sedikit memberi gambaran apa itu pemasaran dan penjualan. 

Penulis: Michaella Uzurasi | Editor: Rosalina Woso

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Michaella Uzurasi

POS-KUPANG.COM,  KUPANG - Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang menyelenggarakan pelatihan entrepreneurship start up bagi calon wisudawan, Senin, 06 September 2021. 

Tema kegiatan tersebut adalah Peningkatan Talenta Entrepreneurship Start up Civitas Akademika UKAW diera Merdeka Belajar dan dimoderatori oleh Renya Rosari, S.E. M.Si. 

Tiga pemateri yang dihadirkan adalah Harisany Olvira Ballo, Owner Produk Label Mama Ana dengan materi Skills Essentials for Launching a Business.

Dalam pemaparan materinya Harisany mengatakan, ketika merintis sebuah usaha dan usaha tersebut terinspirasi dari usaha - usaha yang sudah ada, pada saat menawarkan produk, banyak pelaku usaha yang masuk dengan penawaran produk yang harganya lebih murah. 

"Tapi pada saat berjalan usaha mereka akan timbul kendala karena namanya harga murah itu di pasar akan selalu ada yang lebih murah. Bahkan ketika kita membuat produk yang murah pun akan ada produk yang lebih murah. Itulah makanya harga harusnya menjadi alasan terakhir daripada pertimbangan yang kita beri kepada konsumen," kata Harisany.

Baca juga: Empat Kelurahan di Kota Kupang Bebas Covid-19

Lanjut dia, pertimbangan itu harusnya lebih dari sisi manfaat, pengalaman dan value sehingga produk menjadi tidak sensitif dengan harga. 

Selain itu, pelaku usaha juga harus mampu memahami legalitas dan administrasi usaha dan pencatatan keuangan. 

"Adaptasi pasar dan penguasaan teknologi jadi kita dalam melakukan ini bukan untuk usaha yang baru dirintis tapi adaptasi ini dilakukan sepanjang hayat selama usaha kita ada kita perlu melakukan adaptasi terhadap tren produk atau jasa arahnya ke mana kemudian terhadap target pasar," jelas Harisany.

"Memang usaha sejak awal pasti kita sudah merancang usaha kita arahnya ke mana segmennya ke mana tapi ingat bahwa kita tidak boleh titik di situ kitaharus fleksibel untuk bisa berjalan beriringan masuk dalam frekuensi arus perubahan," lanjutnya.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved