Breaking News:

Berita Manggarai Barat

BPTP NTT Panen Demfarm VUB Padi Khusus dan Padi Spesifik di Mata Wae Mabar

sebelumnya telah dilakukan di Desa Compang Longgo dan Desa Nggorang, masing-masing pada 12 Agustus dan 17 Agustus 2021

Penulis: Gecio Viana | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/GECIO VIANA
Suasana panen Demfarm VUB Padi Khusus dan Padi Spesifik Lokasi di Persawahan Mata Wae Desa Nampar Macing, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Selasa 7 September 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTT melakukan panen Demfarm VUB Padi Khusus dan Padi Spesifik Lokasi di Persawahan Mata Wae Desa Nampar Macing, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Selasa 7 September 2021.

Hadir dalam kesempatan itu mewakili Kepala BPTP NTT, Dr. Bernard de Rosari, Penanggungjawab kegiatan, Dwi Habel Purnomo, anggota Kelompok Tani Mata Wae, Camat Sano Nggoang, Syprianus Silfris, Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Mabar, Laurensius Halu, Pemerintah Desa Nampar Macing, para penyuluh pertanian, tokoh masyarakat dan para tokoh adat.

Sebelum memulai acara, rombongan BPTP NTT diterima secara adat dan dilakukan ritual adat yang berjalan sangat khusyuk di areal sawah yang memiliki luas areal 5 hektare tersebut.

Para petani sebelumnya telah melalui 2 kalI bimtek dalam kegiatan yang bertujuan untuk mendiseminasikan inovasi teknologi VUB Padi Khusus dan Spesifik Lokasi dengan pendekatan Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT).

Inovasi yang diperkenalkan yakni inovasi varietas unggul baru, pengolahan tanah sempurna umur tanam 14 hari, pengaturan jarak tanam legowo 2:1, jumlah bibit per rumpun 1-3 bibit/rumpun, pemupukan berimbang, pengaturan air, pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT), sampai teknologi panen dan pasca panen.

Update Covid-19 di Manggarai Barat, 75 Pasien Positif Meninggal

Selain itu, terdapat sebanyak 4 varietas yang diintroduksi yakni, Inpari IR Nutrizinc, Inpari 32 HDB, Inpari 42 GSR, Inpari 48 BLAS.

Di Persawahan Mata Wae Desa Nampar Macing, terdapat 3 varietas yang diintroduksi yakni Inpari IR Nutrizinc, Inpari 32 HDB, Inpari 48 BLAS.

Demfarm Pengembangan VUB Padi Khusus dan VUB Padi Spesifik Lokasi dilakukan di lahan seluas 25 hektare di Kabupaten Mabar dengan perincian sebanyak 15 hektare di Desa Compang Longgo, Kecamatan Komodo, 5 hektare di Desa Nggorang, Kecamatan Komodo dan 5 hektare di Desa Nampar Macing.

Panen perdana sebelumnya telah dilakukan di Desa Compang Longgo dan Desa Nggorang, masing-masing pada 12 Agustus dan 17 Agustus 2021.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved