Breaking News:

Parodi Situasi

Parodi Situasi: Laboratorium Tiga Batu

Ada tiga batu tungku yang digunakan mama-mama di kampung untuk memasak. Berkat tiga batu tungku jagung matang

Editor: Kanis Jehola
Dok Pos-Kupang.Com
Logo Pos Kupang 

POS-KUPANG.COM- Ada tiga batu tungku yang digunakan mama-mama di kampung untuk memasak. Berkat tiga batu tungku jagung matang, pisang dan ubi rebus terhidang, air panas pun mendidih.

Hebat sekali tiga batu tungku menjadi semacam laboratorium istimewa bagi kampung tengah, bagi petatah petitih leluhur, bagi kesehatan dan pendidikan berbagai kearifan turun-temurun yang melahirkan orang-orang seperti kita.

***
"Hebat sekali ya mama-mama zaman dulu. Mereka kuliah di mana? Gelarnya apa? Sampai bisa lahir ide tiga batu jadi tungku, dan seisi rumah bahagia," kata Rara kepada sahabat-sahabatnya.

"Pasti hebat," sambung Benza. "Mereka tidak pernah makan pendidikan. Mungkin juga pendidikannya hanya SR tidak tamat kelas dua. Tetapi pewarisan nilai-nilainya luar biasa. Tiga batu tungku yang ditata sehingga api bisa menyalah dengan bagus dan masakan pun matang."

Baca juga: Parodi Situasi Minggu, 15 Agustus 2021: Hanya Tiga Menit untuk Indonesia

"Tidak hanya itu. Ranting kayu api juga kering dan mereka tahu jenis kayu tertentu yang bagus untuk nyala api. Mereka juga bijak menata kayu sedemikian rupa sehingga ada udara, nyala api stabil, dan makanan pun matang," kata Nona Mia.

"Laboratorium yang hebat sekali ya. Pelajar dari kata alam semesta. Laboratorium tiga batu tungku."

"Jangan tiga batu tungku, cukup dua batako saja. Susun dua di kiri dua dikanan, kayu api di tengah-tengah, api pun menyalah. Bisa buat tungku bulat saja seperti di sebagian daerah di Bali dan Jawa. Ooh, lebih baik lagi tungku besi melintang di atas susunan batu kiri, tengah, dan kanan. Ruang untuk masak beberapa sekali jalan."

"Zaman dulu mau dapat batako dimana? Besi dimana? Sudah betul itu tiga batu tungku. Laboratoriun tiga batu! Cocok! Itu yang diturunkan leluhur kita," sambar Rara dengan amarah. "Tiga batu tungku kita itu adalah laboratorium kehidupan."

Baca juga: Parodi Situasi: Covid Alpha, Beta, dan Delta

"Itu jadul alias jaman dulu. Sekarang tiga batu tungku sudah kalah dengan kompor gas, kompor minyak tanah, kompor listrik," cibir Jaki sambil menendang tiga batu tungku yang dibangun Rara. Rara dan Jaki bertengkar hebat bahkan hampir saja terjadi adu tinju.

***
"Hei, kita bahas laboratorium tiga batu tungku. Bukan laboratorium pertengkaran!" Nona Mia menengahi pertengkaran Jaki dan Rara.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved