Breaking News:

Berita Sumba Timur

Dorkas Dembi Tammar Merasa Hidup Lebih Aman Berkat JKN- KIS

melayani juga sangat ramah dan tidak ada perbedaan antara pasien yang menggunakan kartu JKN-KIS dengan pasien umum

Penulis: Paul Burin | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/ISTIMEWA
Ibu Dorkas Dembi Tammar. 

Dorkas Dembi Tammar Merasa Hidup Lebih Aman Berkat JKN- KIS

Laporan Reporter POS KUPANG.COM/Paul Burin

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU -  Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan program yang dirasakan manfaatnya hampir seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Bahkan program ini dinilai  memberikan manfaat besar dan nyata bagi seluruh kalangan. 

Salah satu warga yang merasakan pelayanan dari JKN-KIS ini adalah Dorkas Dembi Tammar, warga Desa Kondamara,  RW 15 / RW 06,  Kecamatan Lewa, Kabupaten Sumba Timur.

Saat bertandang ke kantor BPJS Kesehatan Waingapu untuk pencetakan ulang kartu JKN-KIS yang hilang,  Rabu 25 Agustus 2021, Dorkas dan menantunya merasa bahagia. Ia  menceritakan pengalamannya menggunakan JKN-KIS selama rawat jalan di Puskesmas dan rawat inap di RSUD Umbu Rara Meha.

Dorkas menceritakan kalau dirinya beberapa kali masuk rumah sakit karena didiagnosa menderita penyakit asma. Asma merupakan jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas.

Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain, seperti nyeri dada, sesak napas dan batuk-batuk.

Baca juga: 1.456 Remaja di Sumba Timur Sudah Divaksin 

Beberapa pemicunya, antara lain debu, asap rokok, bulu binatang, udara dingin, aktivitas fisik, infeksi virus atau bahkan terpapar zat kimia.

“Selama berobat saya menggunakan kartu JKN-KIS, syukur tidak ada hambatan sama sekali, asalkan sesuai dengan prosedur yang berlaku dan biaya kesehatan pun terjamin,” ujarnya.

Untuk tahun ini Dorkas  sudah dua kali menjalani rawat inap. Saat ini masih melakukan kontrol rutin. 

Dorkas juga tergabung dalam klub Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) BPJS Kesehatan. Ia  bersyukur dan termotivasi untuk selalu sehat karena Prolanis memberikan wadah bagi dirinya untuk bisa sharing informasi dan juga menambah pengetahuan terkait dengan pola hidup sehat.

“Program Prolanis sangat bermanfaat bagi kami, karena kita bisa sharing dengan sesama teman, tenaga kesehatan dan dokter di mana kita selalu diberikan informasi-informasi terkait dengan pengetahuan tentang kesehatan,” tutur Dorkas.

Baca juga: Korban Terbakar di Sumba Timur, Hasil Autopsi Tidak Ditemukan Tanda Kekerasan 

Dorkas juga menceritakan bahwa pelayanan kesehatan yang ia dapatkan sudah cukup baik. Para dokter dan perawat yang melayani juga sangat ramah dan tidak ada perbedaan antara pasien yang menggunakan kartu JKN-KIS dengan pasien umum.

Dorkas menyampaikan, “Terima kasih JKN-KIS, hidup kami sekeluarga lebih aman berkat adanya  ini.  Saya sangat berharap Program JKN-KIS ini tetap ada agar masyarakat seperti saya tidak perlu khawatir dengan biaya berobat. Saya berpesan  kepada masyarakat yang belum terdaftar agar segera mendaftarkan diri sebagai peserta JKN-KIS dan jika sewaktu-waktu jatuh sakit sudah ada yang menjamin pelayanan kesehatan. (*)

Berita Kota Kupang Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved