Breaking News:

Berita Belu

Bupati Belu Sinergi dengan Tokoh Adat Sukseskan Food Estate

salah satu komponen penting untuk menyukseskan program Food Estate Belu adalah lembaga adat.

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, Sp.PD dan Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM menghadiri ritual adat Ukun Badu di Dusun Rotiklot, Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Rabu 25 Agustus 2021. 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM, ATAMBUA--Food Estate atau lumbung pangan di Kabupaten Belu merupakan kegiatan besar yang membutuhkan kerja sama dari semua elemen, salah satunya tokoh adat.

Keterlibatan tokoh adat ini mulai nampak ketika, Rabu kemarin, mereka melakukan ritual adat
Ukun Badu.

Ritual ini bertujuan menjaga atau melindungi lingkungan alam terutama kebun dari serangan hama penyakit serta tidak dirusak hewan ataupun manusia.

Ritual adat ini dilakukan oleh tokoh adat setempat dan dihadiri Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, Sp.PD dan Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM, bertempat di Dusun Rotiklot, Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak. Hadir juga saat itu, Kadis Pertanian, Plt. Kaban Kesbangpol, Plt. Kadis Perhubungan, Sekretaris PUPR Belu, Camat Kakuluk Mesak dan Danramil Kakuluk Mesak.

Tokoh adat, Arkadius Moruk menyampaikan, ritual adat Ukun Badu ini dilakukan untuk menyukseskan program food estate.

Lewat ritual ini, para makoan mendoakan agar tanaman di lokasi food estate bertumbuh subur dan tidak dirusak hewan maupun manusia.

Baca juga: 1.770 Pelamar CPNS di Kabupaten Belu Siap Ikut Ujian SKD

Sebagai tindaklanjut dari ritual ini, pemerintah juga telah membuat peraturan desa yang mewajibkan masyarakat untuk mengkandangkan ternak peliharaan seperti, sapi, kambing dan babi.

Kata Akadius, ritual ini juga memiliki makna kepatuhan dan kedisiplinan. Artinya, hasil kebun di lokasi food estate tidak boleh diambil sembarangan. Apabila melanggar akan dikenakan sanksi.

Bupati Belu, Agustinus Taolin mengungkapkan, salah satu komponen penting untuk menyukseskan program Food Estate Belu adalah lembaga adat.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved