Breaking News:

Berita Sikka

Guru SMPN Negeri 2 Paga Diberhentikan, Mosalaki Segel Sekolah Bupati Ganti Kepsek

Dua guru honor SMP Negeri 2 Paga di Desa Detubinga, Kecamatan Tanawawo, Kabupaten Sikka diberhentikan kepala sekolah secara sepihak

Penulis: Aris Ninu | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ARIS NINU
Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM, MAUMERE-Dua guru honor SMP Negeri 2 Paga di Desa Detubinga, Kecamatan Tanawawo, Kabupaten Sikka diberhentikan kepala sekolah secara sepihak. Buntut dari pemberhentian itu membuat mosalaki dan warga di Desa Detubinga melakukan aksi protes pada, Senin, 23 Agustus 2021 pagi.

Mereka mendatangi sekolah dan melakukan aksi penyegelan dan menuntut kepala sekolah diganti.

Bahkan tuntutan itu harus dipenuhi. Jika tidak maka sekolah akan terus disegel. Menyikapi aksi protes itu, Pemkab Sikka melalui Bupati Sikka menggantikan sang kepala sekolah.

Tuntutan mosalaki dan warga yang terpenuhi itu membuat mereka membuka segel yang dipasang agar bisa ada KBM.

Baca juga: SMPN 45 Hadir di Kecamatan Lela Kabupaten Sikka

Selain dua guru yang diberhentikan lalu memicu mosalaki dan warga proses, ada juga dua guru di sekolah itu yang dimutasi oleh pihak Dinas PKO Sikka sehingga memicu mosalaki dan warga naik pitam.

Dua guru yang diberhentikan statusnya honor komite dan honor kabupaten. Maria Dua Maja, guru honor yang diberhentikan kepada wartawan di Maumere, Selasa, 24 Agustus 2021 siang menyampaikan, dirinya sudah 7 tahun bekerja sebagai guru honor komite di SMP Negeri 2 Paga. Dirinya mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia. Pada 24 Juli 2021, dirinya mendapatkan surat pemberhentian sebagai guru honor komite dari Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Paga.

Ia pun meminta kepada kepala sekolah, agar tetap dipertahankan dulu di sekolah tersebut akan tetapi tidak berhasil.

Pada 2 Agustus 2021, ia pun mendatangi kediaman Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo di bilangan Lingkar Luar, Kota Maumere guna mengadukan permasalah pemutusan hubungan kerja yang tengah dialami.

Baca juga: Rapat Dengar Pendapat di DPRD Kabupaten Sikka Berakhir Gaduh

Atas pengaduan itu, Bupati Sikka telah memanggil Kadis PKO Sikka, Kabid SMP Dinas PKO dan Kepala BKD bertemu di kediaman Bupati Sikka.

Akan tetapi pemberhentian guru itu membuat, mosalaksi dan warga protes dan menyegel sekolah.

Warga pun menuntut kepala sekolah diganti sehingga pada, Selasa, 24 Agustus 2021 pagi, Sekda Sikka melantik Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Paga guna memenuhi permintaan warga dan tidak mengganggu aktivitas KBM.Pelantikan Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Paga berlangsung di Kantor Bupati Sikka oleh Sekda Sika, Adrianus Firminus Parera, S.E, M.Si.(*)

Berita Kabupaten Sikka Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved