Breaking News:

Berita Nasional

Jokowi Terkesima Dengar Cerita Petani Porang, Baru Tiga Tahun Bisa Bawa Pulang Mobil

Jokowi tampak terkesima mendengar cerita para petani di hadapan hamparan porang yang dipamerkan saat kunjungannya ke Madiun, Kamis 19 Agustus 2021.

Editor: Agustinus Sape
KOMPAS.COM/Dokumentasi Pemkab Madiun
Presiden Jokowi didampingi Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Bupati Madiun, Ahmad Dawami meninjau pabrik pengolahan porang, PT Asia Konjac Prima di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis 19 Agustus 2021. 

Jokowi Terkesima Dengar Cerita Petani Porang, Baru Tiga Tahun Bisa Bawa Pulang Mobil

POS-KUPANG.COM - Omong tentang Porang tampaknya bukan hal asing bagi masyarakat Provinsi NTT. Tanaman ini tumbuh subur di hutan-hutan dan lahan-lahan warga. Setiap daerah memiliki nama sendiri untuk Porang.

Namun, cukup lama masyarakat NTT memandang tanaman ini sekadar tanaman liar bahkan dianggap beracun yang harus dijauhi. Disentuh pun mungkin takut.

Perkembangan zaman telah membuka mata masyarakat NTT dan akhirnya mengetahui kalau Porang ternyata memiliki banyak khasiat dan banyak dicari untuk berbagai keperluan. Karena banyak dicari, maka berlaku hukum pasar. Tak pelak harga Porang pun melangit, membuat para petani dan pedagang Porang kaya mendadak.

Berbagai berita yang pernah dilansir POS-KUPANG.COM selama ini menunjukkan bahwa di NTT Porang tidak sekadar menjadi usaha pribadi, tetapi juga telah menjadi program pemerintah daerah lewat penyediaan anggaran untuk pengadaan bibit dan budidaya Porang.

Berita adalah sejumlah judul berita yang pernah dilansir POS-KUPANG.COM menganai budaya tanaman Porang.

Budidayakan Porang, Petani Muda Manggarai Timur Raih Omzet Puluhan Juta

Dibiayai Kopdit Obor Mas, Ari Banting Stir Tekuni Bisnis Porang

Keuntungan Menggiurkan, Anggota DPRD di Manggarai Timur Mulai Tanam Porang

Petani Onelako Ende Belajar Budidaya Porang

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved